6 Langkah Menentukan Tujuan Bisnis dengan Tepat

6 Langkah Menentukan Tujuan Bisnis dengan Tepat
6 Langkah Menentukan Tujuan Bisnis dengan Tepat

Menetapkan tujuan bisnis adalah langkah penting yang harus dilakukan setiap pelaku bisnis sebelum mulai mengeksekusi ide-ide bisnisnya.

Kenapa penting? Karena tidak peduli sebagus apapun ide yang kamu punya untuk membangun bisnis baru, perjalanan bisnismu nanti tidak akan terarah dengan baik jika kamu belum menentukan tujuan bisnis yang spesifik.

Agar lebih mudah bagimu menentukan tujuan bisnis, tidak kalah pentingnya untuk benar-benar memperluas sudut pandang dan memahami betul pengertian bisnis itu sendiri.

Dengan memahami pengertian bisnis, tidak hanya memahami arti penting tujuan berbisnis, kamu juga dapat lebih mengerti perihal fungsi bisnis, manfaat bisnis, jenis-jenis bisnis serta hal penting yang harus dilakukan untuk memperoleh keuntungan optimal dari bisnis tersebut.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Hooper

Hooper berpendapat bahwa bisnis merupakan gabungan dari kompleksitas beberapa aspek di dalamnya termasuk penjualan, sistem industri, proses pengolahan bahan, distribusi, perbankan, asuransi, transportasi, dan masih banyak faktor lainnya yang relasi antara satu dan lainnya bertujuan untuk melayani dan memasuki pasar secara utuh dan menyeluruh.

Urwick dan Hunt

Urwick dan Hunt menyatakan bahwa bisnis bisa diartikan sebagai kegiatan suatu perusahaan dalam memproduksi, mendistribusikan, dan menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat yang kemudian mau dan mampu membeli dan membayar produk maupun jasa perusahaan tersebut.

Prof. Owen

Tidak jauh berbeda dengan Urwick dan Hunt, Profesor Owen berpendapat bahwa bisnis meliputi aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan proses produksi dan distribusi barang tertentu untuk selanjutnya dijual ke pasar dengan harga yang ditetapkan bagi setiap pelanggan.

Prof. L. R. Dicksee

Dalam pandangan Profesor L. R. Dicksee, bisnis merupakan aktivitas dengan tujuan memperoleh keuntungan bagi si pelaku bisnis. 

Mc Naughton

Menurut Mc Naughton, bisnis adalah aktivitas pertukaran dengan uang yang tujuannya memberikan keuntungan bagi si penjual maupun pembeli. 

Steinford

Dalam hemat Steinford, bisnis adalah lembaga yang memproduksi barang maupun jasa yang dibutuhkan masyarakat. Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan meningkatkan perkembangan suatu bisnis untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dari situlah bisnis akan memperoleh laba. 

Griffin dan Ebert

Griffin dan Ebert juga mengamini bisnis sebagai aktivitas untuk membuat dan menyediakan barang maupun jasa yang dibutuhkan konsumen. Lebih spesifik, dijelaskan pula bahwa bisnis dapat dilakukan oleh perusahaan yang memiliki badan hukum, perusahaan yang telah memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memiliki badan hukum atau badan usaha. Contohnya adalah pedagang kaki lima, warung pinggir jalan, maupun jenis-jenis usaha lainnya.

Hughes dan Kapoor

Bisnis menurut Hughes dan Kapoor adalah aktivitas melalui penyediaan barang maupun jasa dengan tujuan menghasilkan laba atau keuntungan. Bisnis dapat menghasilkan keuntungan jika total pemasukan selama satu periode (total revenues) melebihi total biaya (total cost) yang dikeluarkan pelaku bisnis dalam periode yang sama. Laba ini menjadi daya tarik utama bagi orang-orang untuk melakukan kegiatan bisnis. Melalui laba juga lah seorang pebisnis dapat mengembangkan skala bisnisnya untuk memberikan impact yang lebih besar kepada masyarakat dan mendapatkan laba yang lebih besar juga.

Dari berbagai macam pengertian bisnis menurut para ahli yang telah dipaparkan di atas, tentunya kamu dapat mengambil poin utama dan memiliki pemahaman yang sesuai terkait definisi bisnis, kan?

Jika kamu sudah benar-benar paham apa itu bisnis, akan lebih mudah bagimu untuk menentukan tujuan bisnis yang sesuai dengan ide bisnismu.

Lalu, bagaimana caranya untuk menentukan tujuan bisnis dengan tepat?

Tentukan Sasaran

Langkah pertama dalam menetapkan tujuan bisnis adalah menentukan dengan tepat apa yang ingin kamu capai. Pastikan tujuanmu sepadan dengan usahamu. Pikirkan bagaimana kamu akan merancang tujuan jika kamu yakin itu akan berhasil. 

Penting untuk menetapkan tujuan yang jelas. Kamu harus tahu persis ke mana kamu ingin pergi dan tidak boleh melepaskan dari target tersebut, meskipun kamu mengalami kegagalan di sepanjang jalan. Buat sespesifik mungkin, sehingga kamu dapat menentukan kapan telah mencapai tujuanmu.

Buat Tujuan yang Spesifik

Sekali lagi, pastikan tujuan bisnismu tidak terlalu samar.  Tetapkan tujuan akhirmu dan buat petanya untuk mengetahui dengan tepat bagaimana kamu akan mencapai tujuan. Tentukan dengan spesifik apa yang ingin dicapai di setiap titik .

Berkomitmen pada Tujuan

Buat komitmen dan patuhi itu. Setelah kamu menjalankan rencana, tetap termotivasi untuk melihat tujuanmu sampai akhir. Jangan menunda-nunda atau menebak-nebak keputusanmu, karena ini hanya akan menunda proses. Jangan lupa untuk menikmati prosesnya dan beri penghargaan pada diri sendiri karena tetap fokus.

Tetapkan Batas Waktu

Jika kamu tidak menetapkan tenggat waktu, sasaran kamu akan gagal. Sasaran tanpa tenggat waktu menunjukkan bahwa kamu tidak sepenuhnya berkomitmen. Menentukan tenggat waktu menempatkan tujuanmu ke dalam konteks. Pilih tanggal yang wajar yang tidak terlalu agresif, tetapi juga tidak terlalu jauh.

Hadiahi Dirimu Sendiri

Dalam proses penetapan tujuan, ada satu hal yang sangat penting untuk diingat yaitu kamu sendiri. Setelah mencapai tujuan atau mencapai tonggak dalam tujuan, pastikan untuk menandai kesempatan tersebut. Kamu telah menginvestasikan banyak waktu, energi, dan tekad untuk mencapai tujuanmu, jadi pastikan kamu meluangkan waktu untuk merayakan kesuksesan.

Itulah beberapa hal yang penting kamu perhatikan ketika ingin mencapai tujuan bisnis. Jadi, apapun kegiatan bisnis kamu, baik menjual barang ataupun bisnis jasa, pastikan tujuan utamamu tercapai dengan terus fokus untuk mendapatkan keuntungan dan kesuksesan dalam bisnis.

Bacaan Menarik Lainnya:

Kotler Philip, dan Gary Amstrong. (2012). Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition. Pearson Education


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait