6 Cara Menabung untuk Segera Membeli Rumah

Membeli Rumah
Membeli Rumah
Foto: Pexels.com

Membeli rumah atau mendapatkan properti lain semakin sulit dalam beberapa tahun terakhir. Bank biasanya meminta setoran awal yang tak sedikit, sebuah fakta yang umumnya membuat calon pembeli pertama kali kaget.

Jadi menabung untuk membeli rumah bisa jadi usaha yang lumayan berat, terutama jika kamu harus membayar sewa rumah atau kos-kosan kamu saat ini. Sangat penting untuk bersiap untuk mengurangi pengeluaran kamu saat ini untuk dapat menabung untuk deposit agar bisa membayar uang muka rumah idaman yang kamu suka.

Berikut adalah enam cara agar kamu dapat mengatur pengeluaran kamu dan mengumpulkan cukup uang untuk rumah impian kamu. 

1. Tetapkan Target 

Kamu harus mencoba dan menetapkan sendiri target untuk setiap bulan, ini akan membantu memotivasi kamu dan membuat kamu tetap pada jalurnya.  

Hitung berapa banyak uang yang kamu butuhkan untuk menabung setiap bulan. Dengan menghitung secara pasti pengeluaranmu dalam sebulan, kamu akan memiliki catatan yang realistis tentang berapa lama waktu yang diperlukan untuk menabung cukup uang demi rumah idamanmu.

2. Manfaatkan Diskon Bank

Dengan melihat ke semua jenis rekening bank yang berbeda, kamu akan bisa mendapatkan gambaran diskon yang baik juga. Pilihlah bank yang menguntungkan dalam hal berbelanja kebutuhan bulanan. Jadi pastikan kamu berbelanja untuk penawaran terbaik dan semurah mungkin.  

3. Kendalikan Pengeluaran

Cobalah menghindari pengeluaran uang untuk barang-barang mewah, dengan begitu kamu bisa menjaga keuanganmu di dalam rekening bankmu. Kamu akan dapat menyimpan sejumlah besar uang dengan melakukan ini.

Ini membuatmu untuk tetap berpikir hemat. Setiap kali melihat saldo di rekeningmu yang tidak berkurang, kamu akan lebih terpicu lagi semangat untuk bisa memiliki rumah sendiri.

4. Temukan Akomodasi Lebih Murah

Tinggal bersama orang tua akan menghemat banyak uang untuk tagihan dan sewa rumah. Jika itu bukan pilihan terbaik, maka kamu dapat mempertimbangkan untuk mencari akomodasi yang lebih murah.

Setiap rupiah yang kamu hemat untuk sewa, dapat digunakan untuk rumah baru. Jadi tetap semangat!

5. Kurangi Biaya Jasa

Mungkin ada perusahaan jasa yang menawarkan harga lebih murah di luar sana. Dengan mengganti biaya jasa tukang, kamu dapat menghemat banyak uang.

Kamu juga harus melihat tagihan kamu. Apakah kamu benar-benar membutuhkan mobil atau TV kabel? Bisakah kamu memperbaiki selang sendiri dan menghemat uang tagihan air kamu?

Dengan memotong sedikit kemewahan, kamu pasti akan terkejut melihat seberapa cepat kamu dapat mencapai target kamu.

6. Simpan Setiap Receh

Kumpulkan semua uang receh kamu, dan simpan di tempat tertentu. Memang hanya uang kecil, tetapi setiap jumlah kecil masih memiliki nilai. Sedikit demi sedikit akan menjadi bukit, kan?

Jadi, itu dia enam cara menabung untuk segera membeli rumah idamanmu. Jadi, jenis taktik apa yang kamu gunakan untuk menabung?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait