Bisnis & Kerja Sampingan

5 Usaha Sampingan untuk Karyawan Terbaik di Tahun 2020

usaha sampingan untuk karyawan

Ajaib.co.id – Beberapa peluang usaha sampingan untuk karyawan tahun 2020 yang masih memiliki pasar untuk dikembangkan adalah usaha dibidang gaya hidup termasuk kuliner dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat di era serba canggih ini. Bisnis sampingan untuk karyawan tentunya harus dijalankan agar mempersehat kondisi finansial kamu.

Bisnis sampingan untuk karyawan tentunya perlu dilakukan mengingat kondisi yang tidak stabil saat ini membuat pendapatan terancam berkurang. Jika kamu tidak memiliki pekerjaan sampingan atau bisnis sampingan, maka mungkin pendapatan atau finansial kamu akan tergerus.

Tahun 2019, beberapa usaha yang sangat digemari dan memiliki pangsa pasarnya tersendiri tak jauh dari berbagai jenis bisnis atau usaha yang berkaitan dengan gaya hidup dan kuliner. Misalkan saja menjamurnya usaha-usaha kuliner berupa makanan, minuman, busana dan fashion.

Tak berbeda jauh dengan tahun 2020, bisnis sampingan untuk karyawan tentunya memiliki banyak peluang usaha sampingan yang menguntungkan dari segi bisnis kuliner, bisnis online dan gaya hidup.

Ditahun shio tikus ini, bisnis sampingan untuk karyawan akan bersinar diantara usaha utama yang diprediksi akan mengalami goncangan dalam kondisi ekonomi yang tidak stabil. Namun hal ini dapat diantisipasi dengan kesiapsiagaan Kamu dalam memprediksi peluang usaha sampingan yang tak habis dimakan zaman.

Melalui pangsa pasar lokal, kamu dapat memulai beberapa peluang bisnis sampingan untuk karyawan yang bisa kamu lakukan dan tak habis dimakan zaman dan tentunya ini akan sangat menguntungkan dengan mengamati selera pasar, yakni melalui usaha di bidang gaya hidup atau lifestyle.

Nah, tak perlu berpanjang lebar, inilah beberapa rekomendasi jenis bisnis yang masih bersinar di tahun 2020, antara lain :

1. Produk Tradisional

Seiring kemajuan zaman, bisnis sampingan untuk karyawan yang cocok saat ini adalah menjual produk tradisional. Tidak dipungkiri orang-orang mulai sadar dengan ragam kampanye untuk mencintai lingkungan. Istilah ‘back to nature’ menunjukkan bahwa masyarakat saat ini lebih aware dengan segala hal yang berbau natural atau bentuk pengolahan tradisional.

Produk tradisional dinilai lebih mengurangi dampak kimiawi yang meracuni tubuh, karena mengandung bahan yang natural dan alami. Layaknya orang yang hidup pada zaman dahulu kala yang memiliki usia panjang, tubuh kuat dan sehat, karena segala pengolahan makanan dan minuman tanpa pengawet ingin diaplikasikan di era saat ini.

Peluang bisnis sampingan untuk karyawan dengan menjual produk tradisional seperti ramuan herbal, jamu dan obat-obatan herbal saat ini sedang memiliki pamor yang cukup baik dimata konsumen. Manfaatkan kesempatan ini untuk membuka peluang usaha sampingan kamu.

2. Cafe

Bisnis sampingan untuk karyawan yang boleh dilirik tahun ini adalah usaha Café. Cafe adalah sebuah tempat yang menjual makanan dan minuman. Dewasa ini bentuk usaha kuliner seperti café umumnya menyasar pada kaum muda yang menyukai ragam teknik penyajian makanan dan minuman yang unik dan sesuai isi kantong.

Tak hanya itu, dalam bisnis sampingan untuk karyawan, maka fasilitas penunjang di dalam café berupa wifi, tv kabel dan lokasi yang instagramable membuat konsumen betah berlama-lama untuk nongkrong di café. Maka dari itu, peluang bisnis sampingan untuk karyawan dengan mendirikan café adalah hal menguntungkan.

Namun satu hal yang penting, untuk kamu ketahui adalah usaha café tidak membutuhkan modal yang sedikit. Oleh karena itu, cobalah untuk mencari rekan dan lokasi yang dekat dengan fasilitas umum seperti kampus, mall, perkantoran atau sekolah.

3. Agribisnis

Peluang usaha sampingan untuk karyawan selanjutnya adalah di bidang pertanian dan perkebunan. Mengingat saat ini konsep ‘healthy life’ menjadi jargon gaya hidup masa kini. Tidak ada salahnya untuk mencoba peluang usaha sampingan yang mengedepankan produk dengan tema ‘healthy life’.

Peluang usaha sampingan untuk karyawan ini bisa berupa menggali potensi alam dengan teknik budidaya tanpa bahan kimia, atau proses yang dimuliakan.

Misalkan saja beras organik dan sayur mayur organic. Bagi kalangan tertentu, menggunakan produk organik adalah salah satu bentuk menjaga kesehatan tubuh sehingga produk ini masih memiliki pasar tersendiri.

4. Usaha Kreatif

Usaha kreatif merupakan suatu hal yang sangat menjual saat ini, baik di pasar domestik maupun internasional. Melalui usaha kreatif, beragam kerajinan dan produk lokal hasil karya anak bangsa bisa menembus pasar global dan memiliki banyak peminat.

Beberapa usaha sampingan untuk karyawan dalam bidang kreatif yang bisa dikembangkan menjadi peluang usaha sampingan adalah kerajinan tangan, interior desain, fashion dan masih banyak lagi. Apalagi saat ini pemerintah sangat mendukung bentuk usaha kreatif melalui Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), sehingga kamu tak perlu khawatir akan kehilangan pasar.

5. Jasa Publisher

Selanjutnya, usaha sampingan untuk karyawan lainnya adalah jasa publisher kian berkembang pesat, ditambah lagi saat ini Indonesia sudah memasuki perdagangan bebas dimana banyak negara yang membutuhkan publikasi dalam bisnisnya di Indonesia.

Bentuk usaha sampingan untuk karyawan berupa jasa publisher tentunya mempunyai beberapa bentuk pekerjaan publisher yang masih bersinar di tahun 2020 adalah jasa pembuatan content writer, web developer dan usaha marketplace.

Artikel Terkait