Investasi, Investor Pemula, Saham

5 Pertanyaan Tentang Investasi Saham yang Paling Mendasar

Ajaib.co.id – Ketika kamu mulai menjajal keberuntungan pada investasi saham, tidak hanya masalah istilah yang membuat kamu bertanya-tanya, namun tentunya ada banyak pertanyaan tentang investasi saham yang kamu masih bingung. 

Hal ini wajar saja, mengingat sebagai pemula sudah pastilah kamu dituntut untuk memahami seluk beluk saham. Termasuk berbagai pertanyaan tentang investasi dan saham yang muncul dalam pikiran kamu. 

Nah, lalu untuk menjawabnya ada beberapa jenis pertanyaan tentang investasi saham yang paling mendasar yang perlu kamu ketahui jawabannya, antara lain :

Rekomendasi saham yang bagus ?

Pertanyaan tentang saham yang pertama adalah mengenai rekomendasi saham yang bagus untuk hari ini, besok dan sepekan kedepan. Hal ini tentunya hanya manajer investasi yang bisa menjawabnya, namun tidak perlu khawatir perlahan tapi pasti jika kamu sungguh-sungguh dalam menjadi investor saham, kedepan kamu juga bisa memprediksi pasar.

Walau demikian, tidak jarang pemula malas untuk memulai trading saham karena tidak memperoleh jawaban yang benar atas pertanyaan tentang saham dan rekomendasinya. Dengan begitu, investor pemula langsung beranggapan bahwa menjadi investor saham tidak sesuai dengan passion yang dimiliki.

Bagaimana caranya biar cepat kaya dari saham?

Pertanyaan tentang saham selanjutnya adalah bagaimana caranya agar kamu bisa cepat kaya dengan hanya melakukan investasi saham. Walaupun pertanyaannya cenderung merupakan pertanyaan anak-anak, namun ini perlu dijawab dengan bijaksana.

Menjadi kaya tentunya butuh usaha dan kerja keras. Ketika kamu memilih langkah menjadi investor saham, maka sewajarnya jika kamu berusaha memiliki ilmu dan strategi berinvestasi. Dengan ilmu dan strategi tentunya kamu bisa menilik potensi cuan dalam investasi saham kamu. Banyaknya cuan yang kamu peroleh diimbangi dengan gaya hidup sederhana tentunya kamu bisa menjadi kaya bukan ?

Alasan memilih saham ?

Alasan dalam memilih saham A,B, dan C tentunya berdasarkan portofolio perusahaan. Sebagai investor pemula ada baiknya jika kamu memilih saham blue chip mengingat saham blue chip merupakan saham yang memiliki kapitalisasi pasar besar dan cenderung kuat dalam menghadapi kondisi fluktuasi.

Sebagai investor pemula, tentunya pergerakan harga yang fluktuatif membuat kamu khawatir akan potensi kerugian, dan tidak memperoleh imbal hasil sesuai yang kamu harap-harapkan bukan ?

Adapun cara memilih saham yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat kinerja, melalui pergerakan harga sahamnya. Bagaimana strategi perusahaan kedepannya serta kapitalis pasar saham tersebut.

Dengan portofolio yang terus bertumbuh, otomatis saham tersebut akan direkomendasikan untuk kamu beli. Namun, jika terjadi sebaliknya, kamu tetap bisa beli saham tersebut dengan toleransi  portofolio saham perusahaan tersebut masih menunjukkan pertumbuhan selama minimal 6 bulan kebelakang.

Benarkah akan memperoleh dividen?

Beberapa perusahaan menerapkan minimal komposisi dari akuisisi saham hagi yang ingin mendapatkan dividen. Sehingga tidak semua investor akan memperoleh dividen. Melainkan, hanya pemegang-pemegang saham yang tercatat sajalah yang  berhak atas dividen.

Di sisi lain, kehadiran dalam RUPS juga menentukan perolehan dividen. Jika saja perusahaan memiliki laba yang cukup kecil, pembagian dividen bisa ditunda karena tentunya laba tersebut akan dimaksimalkan untuk menambah modal perusahaan kedepannya. 

Mungkinkah uang investasi bisa hilang?

Uang yang kamu investasikan dalam saham juga bisa hilang. Hal ini memang tidak secara langsung, namun ada potensi kamu bisa kehilangan uang kamu jika kamu tidak memperhatikan pergerakan saham kamu dan isu perusahaan yang berkembang. Maka dari itu, investasi saham bukan merupakan investasi yang bisa didiamkan dan tidak di pantau.

Berbeda dengan investasi emas yang cenderung menunjukkan tren kenaikan setiap tahunnya. Investasi saham sangat volatile dan memiliki karakter high risk, sehingga kamu harus terus memantau jika tidak ingin uang kamu lenyap akibat harga saham yang tergerus.

Itulah 5 pertanyaan tentang saham yang sangat umum ditanyakan oleh investor pemula. Nah, bagi kamu yang ingin mulai berinvestasi saham, kamu bukan hanya perlu menyiapkan uang yang banyak. Namun juga ilmu dalam melakukan trading saham.

Pasar global yang tidak stabil memang membawa kekhawatiran dalam bentuk investasi saham. Namun, jika kamu memahami ilmu analisis teknikal saham, maka kamu tidak perlu khawatir setiap kali akan membuka posisi di pasar saham.

Kamu akan mengetahui kapan waktunya beli dan kapan waktunya jual. Demikian juga dengan harga-harga saham beserta dengan isu yang menyeruak saat ini. dengan begitu rencana kamu melakukan investasi saham akan terus berjalan lancar.

Kamu bisa baca artikel terkait investasi saham di situs Ajaib.co.id. Ajaib menghadirkan banyak artikel terkait investasi saham dan reksa dana yang bisa membantu kamu dalam memahami berbagai pertanyaan tentang investasi. Kamu juga bisa mulai belajar menjadi investor pemula dengan mudah. Selamat mencoba, semoga beruntung !

Artikel Terkait