5 Pengertian Perpajakan yang Bantu Kamu Jadi Taat Pajak

5 Pengertian Perpajakan yang Bantu Kamu Jadi Taat Pajak
5 Pengertian Perpajakan yang Bantu Kamu Jadi Taat Pajak

Pengertian perpajakan adalah iuran yang wajib dibayarkan oleh rakyat atau wajib pajak kepada negara untuk kepentingan pemerintah dan kesejahteraan masyarakat umum. Manfaat dari pajak yang terkumpul tidak akan secara langsung dapat dinikmati oleh kamu sebagai wajib pajak, karena pajak digunakan untuk kepentingan umum bukan individual.

Secara pengertian, pajak merupakan salah satu sarana pemerataan pendapatan warga negara dan sumber dana pembangunan negara bagi pemerintah. Jadi dalam jangka panjang, masyarakat umum baru bisa menikmati efeknya dari pembangunan tersebut. Yuk, ketahui pengertian perpajakan selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Perpajakan

Berdasarkan dari Pasal 1 angka 1 UU No. 6 Tahun 1983 yang disempurnakan dengan UU No. 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan umum dan tata cara perpajakan. Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang Undang, dengan tidak mendapat timbal balik secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”.

Siapakah yang Perlu Membayar Pajak?

Berdasarkan undang-undang, seluruh rakyat Indonesia terikat dengan pajak, namun hal tersebut hanya berlaku untuk warga negara yang sudah memenuhi syarat subjektif dan syarat objektif dari jenis pajak tersebut.

Jadi, jika kamu tidak memiliki kendaraan bermotor maka kamu tidak perlu membayar pajak jalan raya. Atau kamu merupakan warga negara yang tidak memiliki penghasilan lebih dari Rp4,5 juta/bulan atau 54 juta per bulan maka kamu tidak akan dikenakan pajak penghasilan. Namun, jika lebih dari itu, maka kamu wajib membayar pajak sesuai dengan tarif yang berlaku.

Jenis-Jenis Pajak

Ada beberapa jenis pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat dari wajib pajak. Menurut Lembaga Pemungut Pajak, jenis pajak ini dapat dilihat dari beberapa segi yakni berdasarkan sistem pemungutannya, berdasarkan instansi pemungut, dan berdasarkan sifatnya. 

Mulai dari Pajak langsung (Direct Tax), Pajak tidak langsung (Indirect Tax), Pajak negara (pusat), Pajak daerah (lokal), Pajak subjektif, serta Pajak objektif.

Manfaat dan Fungsi Pajak

Dana yang terkumpul dari pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara yang paling utama. Di mana, pendapatan ini akan digunakan untuk membiayai seluruh pengeluaran termasuk pembangunan negara. Selain pembangunan, biaya lainnya yang perlu dikeluarkan oleh negara termasuk pembiayaan penegakan hukum, keamanan, infrastruktur ekonomi, pekerjaan publik, subsidi, biaya operasional negara, dan masih banyak lagi biaya lainnya.

Teori Pemungutan Pajak

Atas dasar apa negara mempunyai hak untuk memungut pajak? Terdapat beberapa teori yang menjelaskan atau memberikan justifikasi pemberian hak kepada negara untuk melakukan pemungutan pajak. Teori teori tersebut antara lain Teori Asuransi, Teori Kepentingan, Teori Bakti, Teori Asas Daya Beli, hingga Teori Daya Pikul.

Jadi, sudah tahu dong apa pengertian perpajakan secara umum? Sekarang kamu paham bahwa pajak sangat penting bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat secara umum. Nah, tugas kamu sebagai warga negara yang baik dan juga wajib pajak, yuk mulai taat pajak sekarang dan bantu negara tercinta ini untuk terus berkembang.

Bacaan menarik lainnya:

Rahayu, Siti Kurnia. 2017. Perpajakan (Konsep dan Aspek Formal). Penerbit Reakayasa Sains: Bandung
Hartati, N. (2015). Pengantar Perpajakan. Bandung: Pustaka Setia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait