Aset Kripto

5 Macam Game NFT, Cuma Main Gim Dapat Uang Kripto

game-nft
Tidak hanya aset digital saja, hal ini juga bisa dipakai para gamer memperoleh penghasilan dengan hanya bermain game NFT.

Ajaib.co.id – Semakin populernya cryptocurrency atau blockchain membuat para kreatornya makin gencar memanfaatkan mata uang digital ini menjadikan sesuatu untuk ditransaksikan.

Dalam beberapa waktu ke belakang ini, aset kepemilikan karya digital mulai dari foto, video, dan lainnya marak dijual dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT). Tidak hanya aset digital saja, hal ini juga bisa dipakai para gamer memperoleh penghasilan dengan hanya bermain game NFT.

Adanya NFT menandakan setiap aset digital yang dijual akan mendapatkan “sertifikat digital” untuk keaslian aset tersebut walaupun sudah banyak tiruannya di dunia maya. Dalam prosesnya, karya digital yang dijual dalam bentuk NFT akan tercatat dalam blockchain.

Game NFT saat ini juga kepopulerannya meningkat pesat, terutama di masa pandemi Covid-19. Game yang punya konsep play to earn ini diminati banyak orang karena dapat menghasilkan uang dalam bentuk mata uang digital atau kripto.

Tentu ini bisa jadi alternatif menarik sebagai game penghasil uang untuk kamu yang sedang mencari tambahan pemasukan.

Apa Sih Itu Game NFT?

Bagi yang belum tahu, game NFT adalah game penghasil uang berbasis blockchain yang memungkinkan para pemainnya mendapatkan token atau koin kripto dan bisa dikonversikan dengan uang tunai. Caranya adalah dengan mengumpulkan suatu aset di dalam permainan tersebut.

Berbeda halnya dengan game pay to win, game ini menjadikan para pemainnya memiliki kendali penuh dalam mengelola aset sesuai keinginannya. Aset NFT yang ada dalam game dapat ditukarkan dengan uang asli pada platform penukarannya.

Pengertian NFT sendiri yaitu sistem keuangan yang bisa ditukar dengan sesuatu yang memiliki nilai sama. Namun, dalam hal ini bukan berbentuk fisik melainkan digital.

Game NFT ini berpotensi mengubah pandangan orang tentang game yang sering dianggap tidak memiliki banyak manfaat. Khususnya bagi yang gemar menghabiskan uang untuk membeli item di game, tapi sayangnya uang yang sudah dihabiskan tersebut tidak bisa diambil kembali.

Namun, dengan adanya game penghasil uang NFT, para gamers punya kesempatan untuk menukarkan uangnya yang sudah diinvestasikan dalam game menjadi uang tunai asli.

Game ini bisa memungkinkan para pemainnya bermain sambil mendapatkan penghasilan sebanyak-banyaknya dengan cara membeli, mengumpulkan, atau membuat suatu aset berharga di dalam game yang sudah mengadopsi NFT.

Game NFT Sudah Diciptakan Sejak 2017

Sistem NFT sebenarnya sempat hadir pertama kali pada Oktober 2017 lalu pada sebuah game berbasi blockchain dengan nama CryptoKitties. Game tersebut seperti halnya memelihara seekor kucing secara virtual yang dapat diperjualbelikan.

Kucing digital tersebut harus memiliki identitas (token) unik layaknya memiliki peliharaan binatang sesungguhnya. Tujuannya untuk menunjukkan kucing tersebut ada pemiliknya, yaitu pengguna atau pemainnya.

Sayangnya ketika CryptoKitties diluncurkan, konsep game penghasil uang NFT dinilai belum cukup menarik minat gamers dan masih terlalu dini karena belum banyak game yang mengadopsinya. Namun, untuk tahun 2021 ini, konsep NFT ini semakin naik daun seiring dengan kepopuleran cryptocurrency dan blockchain.

Apalagi sejak pandemi Covid-19 melanda, memaksa orang-orang untuk berdiam diri lebih lama di rumah. Banyak orang mencari alternatif hiburan supaya tidak mengalami stres, salah satunya dengan bermain game.

Kehadiran game NFT ini menjadikan pilihan hiburan menarik sekaligus sebagai ladang penghasilan yang baru. Akan tetapi, sukses atau tidaknya game penghasil uang dengan model NFT kembali lagi kepada developer.

Para pengembang harus bisa mengintegrasikan NFT ke dalam game ciptaan mereka terutama tampilan game serta mekanisme bermain yang membuat pengguna betah lama-lama bermain.

5 Game NFT untuk Menghasilkan Uang

1.    Axie Infinity

Jika kamu menyukai jenis game seperti Pokemon, Axie Infinity layak untuk dicoba. Cara bermainnya cukup mudah, hanya mengembangbiakkan hewan bernama Axie. Nantinya kamu akan menggunakan karakter Axie untuk bertarung dan menjelajahi berbagai tempat yang ada dalam game.

Game penghasil uang berbasis blockchain ini menggunakan Ethereum sebagai penghubung dari proses jual beli Axies antar pemainnya. Untuk bisa mulai memainkannya, kamu diharuskan membeli tiga Axies. Selanjutnya setiap kamu berhasil menyelesaikan misi yang ada, otomatis akan mendapatkan hadiah berupa Smooth Love Potion (SLP).

2.    Binamars

Game NFT selanjutnya ada Binamars yang bertema RPG play to earn. Binamars dibuat dalam jaringan platform cryptocurrency terpopuler di dunia, yaitu Binance.

Di game ini kamu memainkan bisa bertarung melawan monster, bertani, dan menjual sejumlah item untuk mendapatkan koin BMARS. Koin tersebut bisa ditukarkan jadi uang tunai dengan potongan sebesar 5% setiap transaksi.

Jika kamu tertarik untuk mencoba memainkannya, kunjungi situs resminya di https://www.binamars.com/.

3.    The Sandbox 3D

Game yang paling aktif dimainkan dalam waktu belakangan mengharuskan pemainnya membangun dan memperdagangkan aset virtual. The Sandbox 3D mirip seperti Roblox dan Minecraft yang membuatnya terlihat menarik.

Ada berbagai tools disediakan dalam game untuk membuat suatu objek yang nantinya dapat dijual. Game ini rupanya sudah memiliki simbol token sendiri yang diberi nama SAND. Bagi yang suka trading tentu jenis koin ini sudah tidak asing lagi.

4.    Lost Relics

Bagi yang mencari game penghasil uang dengan sistem NFT, kamu bisa mencoba bermain Lost Relics. Sudah banyak Youtuber yang me-review game ini dan mereka mengklaim bahwa per harinya mendapatkan penghasilan sebesar USD100.

Konsep gamenya sendiri mirip seperti Diablo, tugasnya menyelesaikan misi, melawan monster, menyerang benteng pemain lain, dan mengumpulkan item sebanyak mungkin.

5.    Sorare

Salah satu game NFT terbaik, belum lengkap kalau tidak mencoba Sorare. Game ini bertema Fantasy Football yang dimainkan dalam bentuk kartu pemain. Ada beberapa nama pemain terkenal seperti Angel di Maria, Lukaku, Jan Oblak, dan masih banyak lagi. Sorare akan memberimu reward koin kripto.

Cara bermainnya cukup mudah, kamu hanya perlu menyusun formasi tim dan mengelola pemain untuk bisa mengalahkan player lain. Hanya saja, kartu digital dalam game Sorare dibagi menjadi beberapa level, yaitu Unique, Rare, dan Super Rare sehingga tidak selalu mudah untuk mendapatkan kartu yang diinginkan.

Kartu-kartu digital yang sudah dikumpulkan bisa dijual ke pemain lain untuk mendapatkan uang digital Ethereum. Sementara untuk harganya tergantung pada tingkatan level kartu yang dimiliki.

Dari kelima game NFT di atas, mana yang tertarik untuk kamu mainkan? Seluruh game penghasil uang tersebut menarik untuk coba dimainkan.

Namun, perlu diingat bahwa setiap game sifatnya fluktuatif dengan masing-masing aturan dan ketentuan yang dimiliki terutama soal pembayaran dan nilai koin. Oleh karena itu sebelum memainkannya, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu informasi lebih jelasnya.

Artikel Terkait