5 Langkah Untuk Keluar dari Hutang Dengan Penghasilan Rendah

keluar dari hutang
keluar dari hutang

Keluar dari hutang cukup sulit, apalagi menghadapi tantangan ini ketika kamu berpenghasilan rendah. Tapi jangan khawatir, kemungkinan berhasil untuk keluar dari hutang saat berpenghasilan rendah itu ada! Mungkin juga untuk melakukannya tanpa menjual aset utama seperti rumah atau mobil yang kamu miliki. 

Ini dia strategi yang dapat kamu gunakan untuk bisa keluar dari hutang dengan penghasilan rendah.

Ketahui Situasi

Kamu tidak dapat memperbaiki utang yang tidak kamu miliki, karena salah satu elemen terpenting dari strategi pengurangan utang adalah memilih utang mana yang akan ditangani terlebih dahulu.

Saat kamu melakukannya, pastikan kamu mencantumkan jumlah, bunga, jangka waktu, pembayaran bulanan kamu, dan batas kredit yang tersedia untuk setiap utang. Ini akan membantu kamu memahami luasnya situasi, dan memberi kamu angka solid untuk memulai penganggaran.

Gunakan Teknik Penganggaran Zero-sum

Penganggaran zero-sum memberi kamu alat untuk meningkatkan keuangan kamu dengan cara

  • menghidupi penghasilan aktual bulan lalu alih-alih proyeksi pendapatan
  • membuat keputusan yang dapat ditindaklanjuti terkait uang kamu,
  • mengurangi pemborosan.

Gagasan di balik penganggaran zero-sum adalah bahwa pada akhir bulan, kamu tidak memiliki satu sen pun yang tersisa karena setiap dolar telah dialokasikan untuk tagihan, utang, dan tabungan. Ini mungkin terdengar sedikit mengganggu, tetapi ini akan membantu kamu mendapatkan kembali kontrol lebih cepat.

Saat kamu membuat anggaran, hal pertama yang harus diperhatikan adalah tabungan dan utang. Kemudian kamu dapat menggunakan apa yang tersisa untuk kebutuhan yang lainnya.

Kurangi Pengeluaran Tak Perlu

Setelah kamu tahu mengenai utang, pengeluaran, dan anggaran kamu, kamu harus mengambil langkah-langkah untuk hidup irit. Kamu tidak bisa keluar dari hutang jika hutang kamu terus tumbuh. Kamu tidak bisa berhutang ke tempat lain untuk menutupi hutang lainnya, kamu harus mencarinya tanpa berhutang.

Periksalah anggaran kamu dan kategorikan pengeluaran kamu untuk melihat di mana kamu menghabiskan banyak uang — untuk transportasi atau makan di luar, misalnya. Kemudian buatlah rencana pengurangan pengeluaran.

Jauhi Kartu Kredit

Apa pun metode yang kamu pilih, memotong kartu kredit milikmu dapat membantu kamu tetap berada di jalur aman saat kamu berusaha membayar hutang kamu dan hidup irit.

Rata-rata, orang menghabiskan sekitar 15% lebih banyak untuk pembelian ketika mereka menggunakan kartu debit atau kredit. 

Cari Alternatif Penghasilan Tambahan

Cara terbaik untuk berurusan dengan hutang adalah dengan meningkatkan uang yang kamu miliki untuk melunasinya. Ini tidak selalu merupakan opsi yang layak, tetapi ada beberapa cara kamu dapat meningkatkan penghasilan.

Kunci untuk keluar dari hutang dengan penghasilan rendah adalah membuat anggaran yang ketat dan tidak bertulang, menangani satu hutang pada satu waktu dengan tekun dan terus-menerus, dan tidak menyerah, tidak peduli seberapa sulit kelihatannya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait