Cryptocurrency

5 Kiat dan Kunci Sebelum Berinvestasi dalam Bitcoin

Ajaib.co.id – Bitcoin telah menjadi salah satu mata uang yang paling banyak dibicarakan hari ini, tetapi masih banyak orang yang tidak mengerti apa itu dan mengapa semakin banyak investor memilih mata uang ini untuk berinvestasi.

Kamu mungkin juga membaca cerita yang saling bertentangan tentang Bitcoin. Ada artikel berita yang mengatakan bahwa tidak bijaksana berinvestasi di Bitcoin, dan ada lebih banyak artikel berita yang memberi kamu bukti bahwa ada orang yang telah mendapatkan banyak uang dengannya. 

Ini bisa membingungkan, dan penting untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cryptocurrency atau mata uang Kripto sebelum kamu benar-benar melakukan investasi pertama kamu.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pelajari sebelum berinvestasi.

1. Bitcoin Tidak Sepenuhnya Anonim

Sementara Bitcoin terdesentralisasi, artinya tidak ada pemerintah atau bank sentral yang mengatur pasokan mata uang tersebut, itu tidak berarti bahwa mata uang ini tidak dapat dilacak. Memang benar bahwa Bitcoin adalah nama samaran, yang berarti bahwa mata uang ini tidak terikat dengan nama kamu, tetapi lebih kepada ID dompet. 

Namun, jika lembaga pemerintah benar-benar ingin melacak transaksi, mereka dapat melakukannya karena mereka memiliki sumber daya. Peretas mereka dapat menghubungkan beberapa node ke jaringan dan itu bisa cukup untuk mengetahui asal transaksi. 

Jadi, jika seseorang menggunakan Bitcoin untuk tujuan ilegal, masih ada kemungkinan bahwa itu dapat dilacak. Namun, bagi mereka yang tidak menjadi sesuatu yang ilegal, dapat dikatakan bahwa kamu memiliki anonimitas ketika kamu melakukan transaksi dan tidak akan menarik perhatian pemerintah atau lembaga mana pun.

2. Ada 2 Cara Mendapatkan Bitcoin

Cara pertama untuk mendapatkan mata uang ini secara mudah, yaitu membelinya dengan uang tunai menggunakan kartu debit, kartu kredit, atau transfer. Ketika kamu membelinya di Australia, kamu harus mendaftarkan akun dengan layanan pertukaran Bitcoin agar kamu dapat memulai perdagangan.

Opsi kedua adalah Bitcoin “milikku”. Menambang mata uang kripto ini sangat mirip dengan konsep penambangan emas. Perbedaan besar adalah bahwa kamu tidak benar-benar pergi ke ruang terbuka dan mulai menggali emas. Sebaliknya, kamu menambangnya melalui komputer. 

Siapa saja dapat menjadi penambang, tetapi kamu akan membutuhkan komputer kelas atas untuk mencapai hal ini. 

Bitcoin menggunakan perangkat lunak khusus hanya untuk menambang dan komputer kamu harus dapat menyelesaikan masalah matematika, menghasilkan kombinasi yang tepat yaitu sekitar 64 digit. Ketika komputer kamu telah memecahkan masalah dengan benar, kamu akan diberikan beberapa Bitcoin. 

Kamu juga harus tahu, bahwa ketika jumlah Bitcoin milikmu mencapai 21 juta, kamu tidak akan dapat menambang lagi. Kamu harus membeli atau berdagang. Menambang tidak mudah dan banyak penambang kesulitan menemukan solusi yang tepat untuk masalah. 

Jadi, jika kamu mempertimbangkan untuk menjadi penambang, kamu harus melakukan penelitian lebih lanjut tentang cara mengatasi masalah matematika ini sebelum kamu melanjutkan dan menyiapkan komputer dan mengunduh perangkat lunak.

3. Kamu Membutuhkan Dompet

Sebelum kamu membeli atau memperdagangkan mata uang kripto ini, kamu perlu menyiapkan dompet. Di sinilah kamu harus menyimpan Bitcoin kamu. Sebenarnya ada tiga cara untuk menyimpan. 

Yang pertama adalah hanya menyimpannya di hard drive komputer kamu sendiri. Kelemahan dari ini adalah bahwa komputer kamu dapat dengan mudah diretas. Ingatlah bahwa hanya satu Bitcoin saja yang harganya ribuan dolar, yang bisa kamu hilangkan dengan mudah. 

Jika kamu menyimpan di hard drive, kamu mungkin ingin menyimpan hard drive itu di brankas, terutama jika kamu seorang trader jangka panjang.

Pilihan kedua adalah menyimpannya di layanan online yang kamu inginkan. Gunakan saat kamu berdagang. Hampir tidak mungkin untuk menghasilkan Bitcoin palsu, dan untuk alasan ini, peretas bekerja dua kali untuk melihat di mana mereka bisa mendapatkannya. Inilah sebabnya mengapa platform perdagangan selalu menjadi target peretasan. 

Jika kamu menyimpannya di sana dan situs webnya diretas, mereka bisa mendapatkan semua koin kamu dan kamu tidak akan bisa mendapatkannya kembali. Setelah peretas melakukan transaksi menggunakan akun kamu dan transaksi dikonfirmasi, tidak ada yang dapat membantu kamu memulihkannya.

Opsi ketiga adalah membuat akun dompet Bitcoin. Dompet Bitcoin adalah layanan, perangkat, atau program yang digunakan untuk memperdagangkan Bitcoin dan disimpan di blockchain. Kamu akan diberi alamat dompet sehingga orang lain dapat melakukan pembayaran kepada kamu. kamu juga akan memiliki kunci pribadi, yang dapat kamu gunakan saat melakukan transaksi.

4. Bitcoin Dapat Digunakan untuk Membeli Barang dan Layanan 

Semakin banyak perusahaan yang menerima Bitcoin sebagai bentuk pembayaran untuk barang atau jasa. Microsoft dan Dell adalah dua perusahaan terbesar yang menerimanya. Ada juga beberapa perusahaan penerbangan dan beberapa toko perhiasan yang melakukannya. 

Kamu juga dapat membeli gift card dan menggunakan gift card ini di Amazon, dan beberapa toko online lainnya.

5. Bitcoin Adalah Pasar yang Fluktuatif 

Sebelum kamu membeli Bitcoin pertama kamu, kamu harus ingat bahwa ini adalah pasar yang fluktuatif. Risikonya tinggi dan kamu bisa kehilangan beberapa ribu dolar jika kamu tidak terlalu berhati-hati. 

Kamu perlu mempelajari semua yang kamu bisa tentang tren pasar. Kamu juga harus memutuskan apakah kamu ingin menjadi pedagang jangka pendek atau pedagang jangka panjang. Pedagang jangka pendek segera menjual mata uang ini ketika harganya lebih tinggi daripada ketika mereka membeli koin. Pedagang jangka panjang, di sisi lain, menyimpan koin mereka selama bertahun-tahun.

Kesimpulan

Perdagangan Bitcoin pasti layak dilihat jika kamu ingin berinvestasi. Kamu tentu bisa menumbuhkan uang kamu selama kamu membuat keputusan yang tepat dan mempelajari tren yang seharusnya. 

Namun, kamu juga harus ingat bahwa ini adalah investasi berisiko tinggi sehingga kamu tidak perlu menginvestasikan uang yang kamu tidak mampu untuk kehilangannya. Kamu tidak boleh meminjam uang dari teman dan kerabat hanya supaya kamu bisa berinvestasi dalam Bitcoin.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait