Saham

5 Jenis Aplikasi Jual Beli Saham Terbaik di Indonesia

aplikasi jual beli saham

Ajaib.co.id – Apakah kamu salah satu penggiat saham? Jika iya, maka pasti kamu akan sangat membutuhkan bantuan internet untuk mendapatkan info terkini mengenai saham. Salah satu caranya melalui aplikasi jual beli saham Indonesia. Aplikasi seperti ini juga membantu kamu supaya tidak perlu mengecek satu-satu info terbaru setiap harinya. Cukup dengan satu aplikasi jual beli saham Indonesia kamu sudah bisa mendapatkan info terbaru setiap harinya.

Tidak hanya info terkini, beberapa aplikasi jual beli saham Indonesia pun menyediakan fasilitas jual beli saham. Kamu pun tidak perlu repot lagi jika hendak menjual atau membeli saham. Namun aplikasi yang memungkinkanmu untuk melakukan transaksi jual beli saham biasanya hanyalah aplikasi yang terkoneksi dengan rekening saham yang kamu miliki.

Lalu, sebenarnya aplikasi mana yang tepat untukmu? Sebagai milenial yang serba praktis, ada baiknya kamu mengenali fungsi dan peran terlebih dahulu dari masing-masing aplikasi yang ada supaya kamu tidak perlu lagi repot di kemudian harinya. Akan sangat baik jika kamu memilih satu aplikasi saja dari daftar aplikasi jual beli saham Indonesia yang ada untuk efektivitas penggunaan ponsel. Maka itu, Ajaib telah merangkum 5 jenis aplikasi jual beli saham Indonesia, antara lain:

Aplikasi Saham Perusahaan Sekuritas

Sebagai investor saham, maka kamu pasti membuka rekening saham terlebih dahulu pada perusahaan sekuritas yang ada. Dengan berkembangnya teknologi, sekarang sebagian besar perusahaan sekuritas ini telah memiliki aplikasi jual beli sahamnya sendiri. Dengan adanya aplikasi ini, investor pada perusahaan sekuritas tersebut pun bisa melakukan transaksi jual beli saham cukup melalui genggaman saja, tidak perlu melalui pialang dari perusahaan sekuritas tersebut. Hal ini menjadi salah satu daya tarik investor saat menentukan ingin membuka rekening pada perusahaan sekuritas yang mana.

Beberapa contoh perusahaan sekuritas yang memiliki aplikasi jual beli saham Indonesia antara lain PT Sinarmas Sekuritas dengan aplikasi bernama Simas Equity Mobile, BNI Sekuritas dengan BIONS Mobile, Mandiri Sekuritas dengan MOST Mobile Mandiri, dan PT Phillip Sekuritas Indonesia dengan aplikasi bernama POEMS ID.

Aplikasi Saham dan Simulasi

Aplikasi jenis ini sangat cocok untuk kamu yang baru berminat masuk ke pasar modal sebagai investor. Aplikasi jenis ini membantu investor pemula yang memerlukan bimbingan untuk melakukan jual beli saham pertama kalinya. Tidak hanya panduan, aplikasi jenis ini juga memberikan simulasi serta analisa fundamental perusahaan terhadap setiap aksi atau transaksi yang dilakukan.

Seperti jenis aplikasi saham lainnya, aplikasi jenis ini juga dilengkapi dengan informasi terbaru mengenai daftar pergerakan saham baik di dalam maupun luar negeri yang bisa dipantau secara real time. Salah satu aplikasi yang masuk ke dalam jenis ini adalah Stock Market Simulator yang sering digunakan oleh penggiat saham pengguna iOS.

Aplikasi Saham Komunitas Online

Apakah kamu tahu bahwa kamu bisa berdiskusi dengan investor seluruh dunia lainnya dalam sebuah aplikasi saham? Ya, kamu bisa melakukannya pada aplikasi jenis ini. Saat menjadi investor pemula pastinya kamu akan mengalami kesulitan untuk mengatur strategi agar investasimu berhasil. Kamu pasti akan bertanya-tanya dengan investor lainnya untuk tips dan trik agar sukses berinvestasi.

Salah satu aplikasi yang masuk ke dalam jenis ini adalah Stockbit. Aplikasi ini memungkinkanmu untuk masuk berdiskusi ke dalam topik-topik yang ada. Tidak hanya berdiskusi, aplikasi ini juga memberikan informasi terbaru secara lengkap sehingga kamu juga akan mengetahui keadaan pasar modal secara real time. Ruang diskusi yang ada juga bisa menjadi sarana untuk mendapatkan isu terkini mengenai pasar modal, seperti isu kenaikan atau penurunan saham pada suatu perusahaan, situasi pasar modal yang ada, dan sebagainya.

Aplikasi Saham Mobile Banking

Mobile banking bank yang biasa kamu gunakan untuk memonitor tabungan uang tunaimu juga bisa menjadi sarana untuk pembayaran tagihan transaksi pembelian saham. Namun memang, peran mobile banking hanya sebatas itu saja karena tidak ada sarana seperti aplikasi saham lainnya.

Aplikasi Saham dan Berita Pasar

Aplikasi jenis ini tidak hanya menyediakan informasi terkini terkait pasar saham secara keseluruhan tetapi juga analisis langsung kondisi fundamental perusahaan tempat kamu berinvestasi. Hal ini disajikan dalam bacaan lengkap mengenai informasi tersebut. Berita pasar dengan analisis mendalam dapat membantu para investor untuk menyusun langkah strategi ke depannya. Beberapa aplikasi yang termasuk ke dalam jenis ini antara lain Bloomberg, Kontan, dan Bisnis.com.

Dari beberapa jenis aplikasi jual beli saham Indonesia yang tertera di atas, kamu bisa melihat lagi aplikasi seperti apa yang kamu butuhkan. Ajaib sendiri memiliki tiga rekomendasi aplikasi jual beli saham Indonesia yang bisa kamu gunakan, antara lain:

Stockbit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Stockbit masuk ke dalam jenis aplikasi saham komunitas online. Kamu bisa berdiskusi dengan pengguna StockBit lainnya mengenai situasi pasar modal yang ada. Stockbit memiliki kerjasama dengan Sinarmas Sekuritas sehingga jika kamu adalah investor dari perusahaan sekuritas ini, maka kamu juga bisa melakukan jual beli saham secara langsung pada aplikasi. Kamu hanya perlu menyambungkan akun aplikasi dengan rekening saham yang kamu miliki. Transaksi yang dilakukan melalui aplikasi juga aman karena adanya fitur keamanan yang ada seperti Touch ID dan proses konfirmasi transaksi yang cukup sulit untuk dikelabui.

Indonesia Stock Exchange Data

Aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk investor pemula milenial seperti kamu! Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan dengan fitur-fitur sederhana yang tidak membuat pusing penggunanya. Aplikasi ini menyajikan data real time serta membantu kamu untuk mengatur portofolio saham. Indonesia Stock Exchange Data juga menyajikan berita ekonomi dan tips dalam mengatur strategi saat melakukan transaksi jual beli saham, seperti mana waktu terbaik untuk menjual saham dan mana waktu terbaik untuk membeli saham.

RTI Business

Ini adalah aplikasi saham yang paling populer di kalangan para investor saham. Aplikasi ini menyediakan informasi pasar modal Indonesia secara lengkap, mulai dari charts, price quotes, data finansial, analisa, berita terkini mengenai pasar modal, informasi terbaru mengenai perusahaan tertentu, dan masih banyak lagi.

Semoga referensi ini bisa membantu kamu dalam memilih aplikasi sebagai panduan dalam melakukan transaksi jual beli saham, ya! Ingat, lihat dulu apa yang kamu butuhkan sebelum memilih aplikasi saham yang tepat. Selamat berinvestasi!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait