5 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil

5 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil

Biaya hidup kian hari terasa kian tinggi saja. Hal ini tentu saja juga menuntut seseorang untuk bisa mencari peluang usaha kecil-kecilan, yang dapat menambah penghasilan bulanan. Walaupun kamu saat ini mendapatkan gaji setiap bulannya sebagai seorang karyawan di kantor.

Tetapi, masih dirasa belum bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Kamu bisa memulai untuk membuka usaha sampingan sebagai karyawan.  Mungkin masih banyak dari kamu yang berpikir, untuk memulainya pasti butuh modal yang besar. Tetapi faktanya, itu tidaklah benar.

Mengapa? Saat ini kita telah memasuki era industri kreatif, dimana kamu sebagai karyawan yang ingin membuka usaha sampingan kecil-kecilan tidak dituntut harus memiliki modal yang besar.

Hal ini juga diperkuat juga dengan semakin majunya teknologi informasi, yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi biaya investasi awal usaha sampingan kamu sebagai karyawan.

Nah mau tahu 5 ide usaha sampingan karyawan bermodal kecil apa saja yang bisa kamu mulai geluti? Yuk simak artikel berikut ini!

  • Membuka Jasa Penjual Pulsa

Penggunaan ponsel pintar di era serba canggih seperti sekarang, sudah tidak bisa dipisahkan lagi dengan kebiasaan dan kehidupan sehari-hari kamu. Coba bayangkan, berapa jumlah uang yang perlu kamu keluarkan untuk membeli paket internet untuk smartphone kamu?

Tentu saja tidaklah kecil nominalnya. Inilah yang bisa menjadi peluang. Ada ide usaha sampingan yang menjanjikan sebagai karyawan selain menguntungkan. kamu juga hanya perlu menyiapkan modal kisaran Rp1.000.000 – Rp3.000.000.

  • Dropshipper (Ide Usaha Sampingan Tanpa Modal)

Layanan toko online memang saat ini begitu menjamur di masyarakat secara luas. Kamu bisa memulai ide usaha sampingan sebagai dropshipper di toko online. Hal ini bisa memberikan keuntungan yang lumayan.

Hanya dengan bermodalkan barang-barang yang tersedia di rumah kamu, seperti laptop dan internet. Selain itu, kamu tidak perlu memikirkan perihal tempat atau gudang, untuk penyimpanan barang.

Karena semua dilakukan secara online. Kamu hanya bertugas sebagai perantara saja yang menghubungkan pembeli dan penyedia barang.

  • Membuka Usaha Warung Nasi

Ide usaha sampingan karyawan satu ini, tentu saja memiliki pasar yang cukup besar. Mengapa? Hal ini dikarenakan semua manusia pasti butuh asupan makanan. Kamu bisa memulai bisnis sampingan warung nasi di tempat-tempat ramai seperti dekat sekolah dan perkantoran.

Dimana ketika jam makan siang kemungkinan besar mereka akan menghampiri warung nasi kamu. Berapa modal yang dibutuhkan? Tidak besar kok, cuma sekitar Rp4.000.000 saja, keuntungan yang diperoleh bisa mencapai dua kali lipatnya.

  • Menawarkan Jasa Pengetikan

Mungkin banyak orang melihat bahwa mengetik itu merupakan suatu hal yang mudah, tetapi tidaklah demikian. Oleh karena itu, saat ini sudah banyak yang menjalankan usaha jasa pengetikan yang beredar di kalangan masyarakat.

Ini juga bisa menjadi ide usaha sampingan untuk kamu, yang bisa menyasar target para mahasiswa ketika sedang dalam tahap penyusunan skripsi. Tarif untuk satu halaman biasanya sebesar Rp2.000.

  • Jasa Penerjemah

Jika kamu memiliki kemampuan dalam hal berbahasa asing, membuka jasa penerjemah bahasa asing di rumah kamu sendiri bukanlah hal yang buruk. Melainkan menjadi peluang usaha sampingan yang menjanjikan untuk kamu. Dengan memasarkan jasa penerjemah kamu, ke berbagai media sosial dan situs pencari freelance.

5 Ide usaha sampingan karyawan diatas merupakan jenis usaha sampingan, yang bisa digeluti sambil kamu bekerja sebagai karyawan. Ingat! Manajemen waktu yang baik bisa menjadi kunci maju atau tidaknya bisnis usaha sampingan karyawan kamu tersebut.

Buatlah perencanaan skala prioritas, sehingga tidak ada tumpang tindih dari bisnis yang digeluti dan pekerjaan utama. Yang mana kamu bisa menikmati profesi keduanya secara bersamaan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Share to :
Tags: , ,
Artikel Terkait