5 Ide Usaha Kecil-kecilan dengan Keuntungan Menjanjikan

5 Ide Usaha Kecil-kecilan dengan Keuntungan Menjanjikan
5 Ide Usaha Kecil-kecilan dengan Keuntungan Menjanjikan

Tidak dipungkiri bahwa bisnis dengan modal besar akan menghasilkan keuntungan yang besar pula. Namun demikian, jangan berkecil hati karena usaha kecil-kecilan juga tidak menutup kemungkinan untuk menghasilkan keuntungan layaknya bisnis dengan modal besar.

Perlu diketahui, bahwa usaha dengan modal besar pada dasarnya memiliki risiko yang besar pula (high risk). Berbeda dengan usaha kecil-kecilan yang hanya dengan modal secukupnya, mampu meminimalkan tingkat risiko kerugian.

Nah, jika kamu berencana untuk memulai usaha kecil-kecilan. Beberapa ide usaha kecil-kecilan yang bisa dilakukan di rumah, mungkin beberapa ide bisnis di bawah ini bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha :

Jualan pulsa hp dan listrik

Meskipun saat ini konter pulsa sudah mulai berkurang, namun masih ada saja yang mencari konter pulsa untuk tetap bisa berkomunikasi melalui smartphone ataupun membeli pulsa listrik. Meski demikian, modal yang dibutuhkan untuk berjualan pulsa tidaklah besar. 

Pasalnya, kamu tidak perlu membeli steling, meja khusus, komuter atau printer untuk berjualan pulsa. Cukup menuliskan tanda atau sign ‘JUAL PULSA’ didepan gerbang rumah kamu dan pembeli tinggal memanggil kamu untuk membeli pulsa.

Selain itu berjualan pulsa kini lebih mudah tanpa perlu melakukan deposit provider, karena kamu bisa memanfaatkan fasilitas e-commerce atau m-banking untuk bertransaksi sebagai penjual. Kamu tinggal memilih e-commers mana yang bisa memberikan keuntungan dari selisih harganya.

Bisnis souvenir pernikahan

Bisnis souvenir pernikahan saat ini cukup menguntungkan, di mana dengan modal yang minim bisa mendapat keuntungan yang lumayan besar. Karena biasanya orang akan membeli souvenir pernikahan dalam jumlah yang tidak sedikit. Apalagi jika kamu adalah orang yang kreatif dan mampu menghasilkan bentuk souvenir unik, pastilah keuntungan akan lebih besar daripada menjual souvenir dalam bentuk yang sudah jadi.

Namun jika kamu ingin menjual souvenir dalam bentuk jadi, kamu bisa mencari pengrajin atau toko grosiran yang bisa memberikan harga miring untuk kamu memperoleh keuantungan dari selisihnya. Selanjutnya, promosi di internet, marketplace atau sosial media akan semakin memudahkan kamu untuk mendapatkan konsumen.

Menjahit Baju

Usaha kecil-kecilan lainnya yang bisa dijadikan referensi adalah menjahit baju (taylor). Jika kamu memiliki keahlian dalam jahit menjahit, menerima orderan jahitan mungkin bisa kamu lakukan. Apalagi, saat ini untuk menjahit busana tidaklah murah, karena membutuhkan ketekunan dan ketelitian yang tinggi.

Usaha menjadi seorang penjahit tidaklah membutuhkan modal besar. Kamu hanya perlu menyiapkan mesin jahit, meteran, kertas pola, benang jahit, jarum, gunting dan listrik. Satu hal yang terpenting untuk memulai usaha menjahit adalah keahlian menentukan pola yang pas dan nyaman untuk busana yang akan digunakan.

Jasa Reparasi Rumahan

Usaha kecil-kecilan lainnya adalah membuka jasa reparasi. Meskipun membutuhkan keahlian khusus, namun jika kamu mampu melakukannya kenapa tidak? Jasa reparasi mencakup banyak hal diantaranya reparasi hp, tas, sepatu, kursi, barang elektronik dan banyak macam lainnya. 

Biaya menggunakan jasa reparasi juga bervariasi, tergantung jenis kerusakannya. Modal yang kamu gunakan juga tidak terlalu mahal, misalkan saja untuk reparasi hp kamu hanya perlu berkonsultasi untuk pemilik hp terkait kerusakan yang dialami dan harga suku cadang yang dibutuhkan. Selanjutnya, jika konsumen setuju, kamu bisa langsung bernegosiasi mengenai harga jasa reparasi. Mudah bukan?

Warung Mie Instan

Yang terakhir untuk ide usaha kecil-kecilan yang bisa kamu lakukan adalah membuka warung mie instan. Meskipun mudah dimasak, kebanyakan orang lebih memilih makanan yang sudah jadi untuk dikonsumsi daripada memasaknya sendiri.

Membuka warung mie instan sudah pastilah tidak membutuhkan modal yang besar. Kamu pastinya bisa menakar bahwa modal yang digunakan tak lebih dari Rp500.000. Selanjutnya kamu bisa menjualnya dirumah, atau dengan memanfaatkan ojek online.

Itulah beberapa ide usaha yang bisa menjadi bisnis sampingan buat kamu yang memiliki modal minim. Namun, untuk membuka usaha ini, selain modal usaha, kamu juga harus memiliki semangat untuk menjadi pengusaha sukses.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait