5 Ide dan Peluang Usaha Baru yang Bisa Dicoba Tahun 2020

ide dan peluang usaha
ide dan peluang usaha

Ingin memulai bisnis di tahun 2020? Redaksi Ajaib sudah menyiapkan daftar ide dan peluang usaha yang bisa dicoba pada tahun 2020.

Hanya tinggal beberapa bulan saja sampai kita mengucapkan selamat tinggal pada 2019. Tahun yang baru seringkali jadi titik awal berbagai hal baru, termasuk impianmu membuka usaha. Profesi menjadi wirausaha atau enterpreneur, istilah hitsnya, kini memang banyak digandrungi milenial. Terbukti banyak usaha kecil dan startup yang digerakkan anak muda untuk bisnis yang lebih inovatif.

Kesuksesan enterpreneur bukan soal kemampuan pengelolaan namun juga menemukan ide dan peluang usaha yang baru. Tren bisnis sendiri selalu dinamis sehingga pengusaha harus bisa memahami celahnya dan sigap membaca pasar. Peluang ini kemudian dipadukan dengan kompetensi dan riset sehingga memiliki rencana bisnis yang matang. Berikut adalah 5 ide usaha masa depan yang bisa kamu mulai tahun 2020 nanti.

3D Printing

Bisnis printing 3D semakin menjanjikan dan menguntungkan karena sesuai dengan perkembangan teknologi. Terbukti dari penjualan printer 3D yang naikdari 66 unit pada 2007 menjadi 232.336 pada 2015. Harganya setiap unitnya memang cukup mahal sebagai modal usaha namun dana yang kamu keluarkan setara dengan potensi keuntungannya.

Perumahan

Pertumbuhan penduduk diikuti dengan kebutuhan tempat tinggal yang semakin tinggi. Terlebih kini banyak masyarakat pindah ke perkotaan sehingga kebutuhan rumah layak dan murah makin banyak. Kamu bisa mencoba peluang usaha ini tahun depan dengan modal yang memadai. Pemerintah Indonesia juga kini masih menggenjot pengadaan rumah murah sehingga kesempatan terjun ke bisnis ini masih terbuka lebar.

Industri Internet

Banyak peluang usaha yang hadir seiring dengan perkembangan internet. Tentunya ini bukan sekedar mengelola bisnis online namun juga pengembangannya yang lebih jauh. Contohnya kini banyak orang kini mengandalkan internet untuk mengawasi rumah dan bekerja secara remote. Kamu bisa membuka bisnis yang menyediakan jasa CCTV untuk rumah yang terintegrasi secara digital dengan gadget. Bisa pula menyediakan layanan pemasangan internet di berbagai daerah yang belum dijangkau Telkom.

Co-working Space

Bisnis ini adalah implikasi dari tingginya biaya sewa dan pemeliharaan untuk gedung perkantoran. Banyak perusahaan kemudian memilih menyewa co-working space untuk lokasi kerja karyawannya. Cara ini juga lebih cocok untuk kantor dengan SDM terbatas atau modal kecil yang belum mampu menyewa gedung perkantoran.

Manfaatkan ini dengan menyediakan co-working space untuk kalangan pekerja kantoran maupun freelancer. Kombinasikan dengan collaboratice space sehingga bisa menggelar banyak event seperti kelas marketing digital atau public speaking. Pastikan areal usahamu cukup luas sehingga penyewa untuk kantor tidak terganggu dengan event yang sedang dilaksanakan.

Konsultan Bisnis

Memulai bisnis selalu menjadi hal yang membingungkan apalagi bagi pemula. Sementara itu, minat dan jumlah wirausaha pemula terus meningkat setiap tahunnya. Kalau kamu punya latar belakang pendidikan yang cocok dan pengalaman bisa membuka usaha menjadi konsultan bisnis.

Bidangnya bisa apa saja sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Sebagai contoh, kini konsultan cafe sangat dibutuhkan dengan menjamurnya kafe baru. Tugasnya antara lain membantu pengelola menyusun menu hingga layout kafenya agar mampu menarik pembeli.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait