5 Dompet Bitcoin yang Bisa Simpan Uang Digitalmu

dompet-bitcoin
dompet bitcoin

Bitcoin masih menjadi kontroversi. Meski demikian Bitcoin masih diminati masyarakat. Karena pergerakan harganya cukup menjanjikan dan dijadikan lahan investasi. Untuk menyimpannya butuh dompet Bitcoin.

Bitcoin merupakan cryptocurrency atau mata uang digital terdesentralisasi tanpa bank sentral. Mata uang ini dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada 2009. Secara teknis, Bitcoin dapat dijadikan sebagai alat pembayaran dengan sistem peer-to-peer (P2P). Sehingga kalau ikut dalam sistem ini, kamu harus punya dompet Bitcoin atau Bitcoin wallet.

Seperti dompet pada umumnya, fungsi dompet bitcoin juga dapat menyimpan, mengirim, sampai menerima mata uang digital. Saat ini ada beragam jenis dompet Bitcoin. Kamu bisa memilih dompet sesuai kebutuhanmu.

Coinbase

Coinbase adalah salah satu dompet yang menawarkan cara mudah untuk membeli, menjual, dan menyimpan cryptocurrency yang bisa diunduh aplikasinya. Dompet ini mendukung Bitcoin Cash, Ethereum, dan Litecoin. Buat kamu yang punya akun bank Amerika Serikat, Coinbase tersambung ke bank tersebut. Sehingga kamu dengan mudah mentransfer uang dolar (masuk-keluar) ke Coinbase untuk membeli atau menjual mata uang digital tersebut. Meski demikian ada beberapa isu cyber security dalam dompet Bitcoin.

Trezor

Kalau ingin menyimpan cryptocurrency, pilihannya adalah Trezor. Ini dompet Bitcoin berbentuk fisik yang bisa disambungkan ke laptop, komputer, dan tablet. Meski fungsinya hanya menyimpan Bitcoin saja, Trezor punya fitur lain.

Seperti menyimpan mata uang lain, dilengkapi password, fitur two-factor authentication, dan memiliki fitur proteksi ketika benda ini hilang. Tetapi perlu diingat, ketika Trezor atau Bitcoin hilang, proses pengamanan akun tidak semudah mengurus ATM hilang di bank.

Electrum

Adalah software dompet Bitcoin yang bisa kamu gunakan di desktop maupun laptop. Dompet tersedia dalam format Windows, Mac OS X, Linux, dan Android. Keunggulan Electrum antara lain dapat tersambung dengan dompet Bitcoin fisik (seperti Trezor), serta lebih fleksibel karena bisa langsung mengoperasikan dan menyimpan Bitcoin.

Software ini telah didukung dengan sistem pemulihan dan membuat “cold storage” dengan tanda tangan. Tetapi kalau hal buruk terjadi di desktop atau laptop, kamu bisa kehilangan semua Bitcoin. Jadi harus tetap waspada.

Blockchain

Blockchain mirip seperti Coinbase, yakni dompet Bitcoin online. Tetapi kamu tidak bisa membeli atau menjual langsung, hanya diperbolehkan untuk menyimpan Bitcoin saja. Di sisi lain, hal ini bisa mengamankan uang digitalmu. Di lain sisi tak banyak fitur yang bisa digunakan.

Mycelium

Kalau kamu ingin punya Bitcoin wallet yang bisa dibawa ke mana-mana, Mycelium. Kamu bisa mengunduh aplikasi di iPhone atau Android. Aplikasi dompet ini diklaim sangat aman, mengizinkan user anomin, dan memiliki sistem cukup rumit. Bagi pemilik Bitcoin berpengalaman tidak masalah dengan sistem Mycelium.

Namun perlu diingat, sistem Bitcoin belum memiliki payung hukum di Indonesia. Pada 6 Februari 2014, Pemerintah Indonesia menyatakan bahwa Bitcoin dan virtual currency lainnya bukan mata uang atau alat pembayaran yang sah di Indonesia. Jadi pemerintah mengimbau agar masyarakat berhati-hati mengenai mata uang digital.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait