Bitcoin & Cryptocurrency

5 Dompet Bitcoin yang Bisa Simpan Uang Digitalmu

dompet bitcoin

Ajaib.co.id – Ketika ingin mulai berinvestasi Bitcoin ada beberapa hal yang kamu perlukan. Salah satu yang paling vital adalah memiliki dompet Bitcoin. Fungsinya termasuk digunakan untuk mengirim, menerima maupun menyimpan aset kripto yang kamu miliki.

Wallet Bitcoin memiliki fungsi serupa dengan dompet yang biasa kita pakai untuk menyimpan uang sehari-hari. Namun unsur keamanannya harus lebih ditekankan ketika memilih dompet Bitcoin. Pasalnya, mata uang digital ini sangat bernilai terlebih dengan nilainya yang mencapai ratusan juta untuk setiap BTC.

JIka salah memilih dompet Bitcoin, bisa-bisa aset yang susah payah kamu dapatkan ini akan hilang begitu saja. Namun untuk pengguna pemula biasanya akan kebingungan memilih dompet Bitcoin yan bukan hanya mudah digunakan dan user friendly melainkan juga menjamin keamanannya sekaligus.

Rekomendasi Dompet Bitcoin Terbaik Untuk Menyimpan Asetmu Dengan Terjamin

Bitcoin masih menjadi kontroversi. Meski demikian Bitcoin masih diminati masyarakat. Karena pergerakan harganya cukup menjanjikan dan dijadikan lahan investasi. Bahkan sekarang harga Bitcoin mencapai Rp129 juta.

Bitcoin merupakan cryptocurrency atau mata uang digital terdesentralisasi tanpa bank sentral. Mata uang ini dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada 2009. Secara teknis, Bitcoin dapat dijadikan sebagai alat pembayaran dengan sistem peer-to-peer (P2P). Sehingga kalau ikut dalam sistem ini, kamu harus punya dompet Bitcoin atau Bitcoin wallet.

Mata uang kripto ini dinilai akan memiliki fungsi yang lebih luas di masa depan. Selain karena sistemnya terpusat dan tidak terikat pada negara maka mata uang ini dinilai lebih stabil dan adil bagi semua pihak. Pengguna Bitcoin harus memiliki dompet Bitcoin untuk bisa menggunakan Bitcoin.

Sebagaimana diketahui, ada sejumlah brand dan perusahaan yang kini sudah menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran. Meski demikian, statusnya di Indonesia masih sebatas komoditas meskipun sudah diakui legal oleh pemerintah

Seperti dompet pada umumnya, fungsi dompet bitcoin juga dapat menyimpan, mengirim, sampai menerima mata uang digital. Saat ini ada beragam jenis dompet Bitcoin. Kamu bisa memilih dompet sesuai kebutuhanmu. Hampir semuanya tetap memberikan kendali penuh kepada pemiliknya dan kamu bisa menggunakan Bitcoin secara bebas.

Untuk kamu ketahui, sebenarnya ada beberapa jenis tipe dompet Bitcoin yang banyak digunakan saat ini antara lain:

  • Hardware Wallet: Jenis dompet ini memiliki sistem offline dan berupa perangkat keras alias elektronik. Kemampuannya bisa untuk menyimpan detail seperti Address Wallet dan Private Key yang umumnya berupa flash disk atau memory.
  • Online wallet alias web wallet: Sesuai dengan namanya, penyimpanan Bitcoin ini berbasis online sehingga hanya bisa diakses dengan menggunakan jaringan internet dengan alamat Bitcoin tertentu. Dengan demikian, kamu tak perlu membawa-bawa dompetmu dan bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Meski demikian, kamu harus mempertimbangkan kredibiltas penyedia online wallet ini karena mempercayakan asetmu yang berharga.
  • Software wallet: Modelnya bisa berupa dekstop wallet maupun aplikasi berbasis Android dan IOS. Penggunannya sangat sederhan tinggal didownload dan dipasang di gadget yang kamu miliki dan kamu bisa menyimpan hartamu sewaktu-waktu. Jenis dompet Bitcoin ini menjadi yang paling banyak digunakan sekarang oleh para pengguna Bitcoin.

Kali ini, Ajaib akan memberikan rekomendasi sejumlah aplikasi dompet Bitcoin yang bisa kamu gunakan. Sejumlah aplikasi ini sudah terbukti paling aman sekaligus efektif dalam membantu tiap transaksi BTC penggunanya.

1. Coinbase

Coinbase adalah salah satu dompet yang menawarkan cara mudah untuk membeli, menjual, dan menyimpan cryptocurrency yang bisa diunduh aplikasinya. Dompet ini mendukung Bitcoin Cash, Ethereum, dan Litecoin. Buat kamu yang punya akun bank Amerika Serikat, Coinbase tersambung ke bank tersebut. Sehingga kamu dengan mudah mentransfer uang dolar (masuk-keluar) ke Coinbase untuk membeli atau menjual mata uang digital tersebut. Meski demikian ada beberapa isu cyber security dalam dompet Bitcoin.

2. Trezor

Kalau ingin menyimpan cryptocurrency, pilihannya adalah Trezor. Ini dompet Bitcoin berbentuk fisik yang bisa disambungkan ke laptop, komputer, dan tablet. Meski fungsinya hanya menyimpan Bitcoin saja, Trezor punya fitur lain.

Seperti menyimpan mata uang lain, dilengkapi password, fitur two-factor authentication, dan memiliki fitur proteksi ketika benda ini hilang. Tetapi perlu diingat, ketika Trezor atau Bitcoin hilang, proses pengamanan akun tidak semudah mengurus ATM hilang di bank.

3. Electrum

Adalah software dompet Bitcoin yang bisa kamu gunakan di desktop maupun laptop. Dompet tersedia dalam format Windows, Mac OS X, Linux, dan Android. Keunggulan Electrum antara lain dapat tersambung dengan dompet Bitcoin fisik (seperti Trezor), serta lebih fleksibel karena bisa langsung mengoperasikan dan menyimpan Bitcoin.

Software ini telah didukung dengan sistem pemulihan dan membuat “cold storage” dengan tanda tangan. Tetapi kalau hal buruk terjadi di desktop atau laptop, kamu bisa kehilangan semua Bitcoin. Jadi harus tetap waspada.

4. Blockchain

Blockchain mirip seperti Coinbase, yakni dompet Bitcoin online. Tetapi kamu tidak bisa membeli atau menjual langsung, tapi satu-satunya fungsi dompet ini kamu hanya diperbolehkan untuk menyimpan Bitcoin saja. Di sisi lain, hal ini bisa mengamankan uang digitalmu. Di lain sisi tak banyak fitur yang bisa digunakan.

5. Mycelium

Kalau kamu ingin punya Bitcoin wallet yang bisa dibawa ke mana-mana dan bisa diakses secara instan jawabannya adalah Mycelium. Kamu bisa mengunduh aplikasi di iPhone atau Android. Aplikasi dompet ini diklaim sangat aman, mengizinkan user anomin, dan memiliki sistem cukup rumit. Bagi pemilik Bitcoin berpengalaman tidak masalah dengan sistem Mycelium.

Namun perlu diingat, sistem Bitcoin belum memiliki payung hukum di Indonesia. Pada 6 Februari 2014, Pemerintah Indonesia menyatakan bahwa Bitcoin dan virtual currency lainnya bukan mata uang atau alat pembayaran yang sah di Indonesia. Jadi pemerintah mengimbau agar masyarakat berhati-hati mengenai mata uang digital.

3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Bitcoin Wallet

Sejumlah aplikasi di atas sudah terbukti menjadi yang terbaik dengan jumlah pengguna yang dimilikinya. Meski demikian, kamu tak boleh asal pilih saja. Ada sejumlah pertimbangan yang sudah selayaknya kamu gunakan untuk memilih dompet Bitcoin yang akan kamu gunakan.

  • Fitur Backup

Sebaiknya aplikasi pilihanmu memiliki fitur backup dengan sistem enkripsi yang baik, serta kemudahan restorasi dari klien pemilik Dompet Bitcoin. Hal ini penting karena selalu saja ada risiko akan kasus hacking online Bitcoin. Terbukti sudah banyak kasus hacking, phising, dan hijacking yang terjadi dunia kripto.

  • Transparansi dan Kredibilitas

Bitcoin mungkin tidak memiliki bentuk fisik namun kamu harus ingat bahwa itu merupakan aset yang mengandung uangmu. Karena itu, sama seperti kamu memilih penyedia produk keuangan lainnya, kamu harus memperjalan soal transparansi dan kredibilitasnya.

Pastikan kamu mendapatkan informasi soal background penyedia (identitas), bagaimana cara beroperasi, sifat kode Wallet, dan detail lainnya harus diketahui secara jelas. Selain itu, kamu bisa mencari reviewnya untuk memastikan krebilitas dari penyedia layanan melalui berbagai forum Bitcoin atau ulasan blog, website, Youtube, dll. Dengan menyimak berbagai pengalaman dari para pengguna lain, tentu kita bisa mengetahui apakah aplikasi yang kamu pilih itu benar-benar berkualitas atau tidak.

  • Keamanan

Unsur paling utama dalam pemilihan dompet Bitcoin adalah keamanannya. Pada dasarnya, jenis yang paling aman ialah model harrware wallet karena tidak mudah diretas. Hanya saja memang untuk penggunaannya kurang praktis dan fungsional. Jika pun terjadi kesalah dari penggunannya, biasanya masih bisa tetap digunakan.

Sementara online wallet yang memungkinkan data Private Key disimpan di server penyedia layanan lebih rentan. Untuk itu, dalam memilih segi keamanan, hanya pilih penyedia Wallet yang menerapkan sistem keamanan dual arah, baik melalui pengiriman kode verifikasi di seluler ataupun Google Authenticator.

Sejumlah poin di atas bisa kamu pakai untuk memilih mana satu aplikasi dompet Bitcoin terbaik yang akan kamu pakai. Ingatlah, investasi adalah hal yang wajib kamu lakukan sedari muda. Selain berinvestasi Bitcoin, ada baiknya kamu juga berinvestai dengan instrumen lainnya misalnya saja reksa dana atau saham.

Kalau kamu ingin berinvestasi reksa dana maka aplikasi terbaik ialah Ajaib. Investasimu ada di tangan yang tepat karena bukan hanya aman namun juga memberikan hasil nyata. Kamu akan diberikan fitur lengkap termasuk membimbing langkah investasimu bersama dengan para ahli yang tersedia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait