5 Cara Memperpanjang SIM Online, Mudah dan Praktis!

5 Cara Memperpanjang SIM Online, Mudah dan Praktis!
5 Cara Memperpanjang SIM Online, Mudah dan Praktis!

Proses memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) online bukan lagi menjadi permasalahan yang repot. Sebelumnya, kamu diharuskan untuk kembali ke kota asal di mana kamu membuat SIM tersebut pertama kalinya dan melakukan perpanjangan di sana. Jadi bagi kamu yang telah merantau dan meninggalkan kampung halaman, sudah tentu akan mengalami kesulitan.

Untungnya, kini proses yang menyita cukup banyak waktu dan memakan biaya cukup besar itu dapat dihindari. Sebab layanan perpanjangan SIM dapat dilakukan dengan layanan SIM online, yang membuat segala proses lebih praktis. Nah, ini dia cara memperpanjang SIM online dengan mudah, simak yuk!

Pendaftaran di Web Registrasi SIM Online

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ketika ingin memperpanjang SIM secara online adalah dengan melakukan pendaftaran melalui website Korlantas Polri. Pertama kamu bisa buka website http://sim.korlantas.polri.go.id, kemudian pilih menu registrasi online untuk melakukan pendaftaran SIM Online. Pilih menu Pendaftaran SIM Online, kemudian baca dengan baik Informasi Pendaftaran Online. Kamu dapat melihat lokasi Satpas, keterangan persyaratan dan panduan penggunaan website serta akan muncul formulir data permohonan.

Kemudian, kamu bisa melanjutkan untuk mengisi formulir informasi Data Keadaan Darurat yang tersedia di dalam formulir tersebut. Di halaman berikutnya kamu mengisi Konfirmasi Data Input. Dan kamu harus pastikan semua informasi telah benar dan pilih tanggal datang yang kamu inginkan. Kemudian klik kirim.

Pembayaran Aplikasi Perpanjangan SIM Online 

Tahap berikutnya setelah pendaftaran online, kamu dapat melakukan pembayaran biaya yang ditagihkan untuk perpanjangan SIM. Kamu bisa melakukan pembayaran langsung melalui ATM, EDC, ataupun teller di seluruh lokasi Bank BRI.

Pemeriksaan Kesehatan

Kamu perlu menjalani pemeriksaan kesehatan. Utamanya kamu harus menyiapkan surat keterangan kesehatan mata untuk proses perpanjangan SIM. Hal ini menjadi salah satu persyaratannya. Jadi pastikan kamu melakukan tes buta warna untuk mendapatkan surat keterangan kesehatan mata.

Kunjungi Satpas/Gerai/SIM Keliling

Setelah kamu memilih tanggal kedatangan, kamu bisa mengunjungi langsung ke kantor Satpas/Gerai/SIM Keliling yang telah dipilih saat registrasi online. Pastikan kamu telah menyiapkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan sebelum mengunjungi Satpas terdekat. Pihak kepolisian akan memeriksa data yang dimasukan pada website pendaftaran. Bila data sesuai, maka pihak kepolisian akan melakukan proses identifikasi dan verifikasi (pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan).

Pengambilan SIM

Selesai kamu menjalani semua prosedur dan persyaratan perpanjang SIM online. Kamu bisa menunggu panggilan untuk mengambil SIM yang sudah jadi. Pihak kepolisian akan memanggil nama kamu begitu SIM yang ingin kamu perpanjang sudah tercetak. Biasanya ini tidak akan memakan waktu lama.

Jadi, sudah tahu dong apa saja cara memperpanjang SIM online? Setelah kamu mengetahui syarat dan prosedur perpanjang SIM online tersebut, kini saatnya kamu mencoba perpanjang SIM secara online. Jangan sampai telat ya, karena telat 1 hari saja kamu diharuskan untuk membuat SIM dari awal dan tidak bisa melakukan perpanjangan. Dengan adanya layanan perpanjang SIM online ini, jelas sangat memudahkan kamu untuk melakukannya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait