Cryptocurrency

5 Cara Efektif Untuk Mendapatkan Airdrop Crypto

Sumber: Pexels

Ajaib.co.idCryptocurrency atau mata uang digital saat ini menjadi salah satu instrumen investasi yang diandalkan oleh para investor. Instrumen investasi ini dikatakan dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi dalam waktu cepat, tapi tentu kamu perlu memilih mata uang digital yang tepat agar bisa mendapatkannya. Kamu juga bisa mengambil keuntungan dari airdrop crypto.

Airdrop biasanya menjadi incaran para investor crypto karena dengan memilikinya akan membuat keuntunganmu semakin besar. Lalu, apa itu airdrop di dunia mata uang digital? Di sini akan dijelaskan mengenai pengertian airdrop dan cara efektif yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkannya.

Pengertian airdrop crypto 

Saat ini di Indonesia investor crypto semakin bertambah saja. Hal itu karena keuntungan yang dijanjikan cukup menggiurkan. Ditambah lagi dengan hadiah dengan sistem airdrop ini.

Untuk kamu yang masih baru di dunia aset digital, kamu mungkin belum tahu tentang airdrop. Airdrop adalah cara pengembang suatu mata uang digital untuk membagikan mata uang digitalnya secara gratis. Kamu pasti akan senang dong mendapatkan cryptocurrency tanpa membelinya terlebih dahulu. Dengan begitu aset mata uang digitalmu pun akan bertambah.

Mata uang digital yang disebut pertama kali memperkenalkan sistem airdrop adalah Auroracoin atau dikenal dengan kode AUR. Auroracoin yang dibagikan secara gratis melalui sistem airdrop ini diberikan kepada penduduk Islandia untuk mengatasi krisis ekonomi yang mereka alami akibat dari pembatasan penggunaan mata uang krona. 

Auroracoin pun bisa digunakan sebagai mata uang alternatif untuk para penduduk Islandia. Hal itu juga yang membuat Auroracoin menjadi lebih dikenal karena membagikan airdrop dalam jumlah koin yang besar. Mungkin yang terbesar di masa itu, yaitu di tahun 2014. 

Airdrop biasanya digunakan sebagai sarana promosi oleh pengembang blockchain agar lebih banyak orang-orang mengetahui mata uang digital yang sedang dikembangkannya. Dengan begitu semakin banyak investor yang tertarik untuk menambang mata uang digitalnya. 

Untuk mendapatkan airdrop biasanya pihak pengembang akan memberlakukan beberapa syarat. Syarat yang paling umum diberlakukan adalah kamu harus punya wallet untuk menyimpan hadiah yang akan diberikan. Jadi, kamu perlu mengikuti syarat-syaratnya dengan baik. 

Cara untuk mendapatkan airdrop crypto

Untuk mendapatkan airdrop cryptocurrency secara cuma-cuma, kamu bisa mendapatkannya dengan cara-cara unik berikut ini. Kamu bisa memilih cara yang menurutmu sesuai dengan keinginan dan yang tersedia saja. 

1. Menjadi investor mata uang digital yang baru diluncurkan

Ada beberapa pengembang blockchain suatu mata uang digital baru yang mengandalkan sistem airdrop untuk menambah lebih banyak investor. Caranya adalah dengan memberikan gratis koin atau token kepada pengguna baru itu. Biasanya hal ini sudah diberitahukan di jauh hari sebelum mata uang digital itu benar-benar diluncurkan.

Kamu akan mendapatkan notifikasi email dari pihak blockchain terkait yang menyatakan bahwa kamu mendapatkan token atau crypto gratis dari mereka dan mereka berterima kasih karena Anda sudah bergabung.

Di beberapa kesempatan, ada juga platform penyedia transaksi crypto yang menggunakan airdrop untuk mengundang lebih banyak pengguna. Ini sama seperti toko yang baru dibuka yang biasanya membuat promosi beli satu gratis satu.

2. Sebagai orang-orang yang menerima sumbangan mata uang digital

Di waktu yang telah lalu, ada pengembang blockchain yang membagikan airdrop untuk sumbangan amal. Orang yang menjadi tujuan sumbangan itu tentu akan mendapatkan hadiah berupa crypto. Mereka melakukan amal di mana-mana, tidak harus berada di satu negara saja. 

Biasanya kegiatan amal ini dilakukan untuk mereka yang benar-benar membutuhkan. Lalu, kamu yang mendapatkannya bisa menggunakannya sebagai alat transaksi atau alat untuk berinvestasi.

3. Membantu promosi suatu mata uang digital yang baru diluncurkan

Ini adalah salah satu cara mudah untuk mendapatkan hadiah dari airdrop crypto. Kamu perlu membantu promosi agar lebih banyak orang yang tahu tentang mata uang digital terbaru tersebut. Kamu diharuskan menjalankan misi yang sudah diberikan.

Misalnya, dalam per hari kamu harus share 10 konten ke media sosial yang kamu miliki. Misinya bisa berjenis apa saja. Jadi, kamu perlu memperhatikan aturannya dengan baik agar bisa lolos menjadi salah satu pemenang airdrop.

4. Menjadi investor setia suatu mata uang digital

Ada juga pengembang yang membagikan airdrop pada investor yang setiap bertransaksi menggunakan mata uang digital yang dikembangkannya. Biasanya hal ini diterapkan oleh investor yang sudah bertransaksi mencapai jumlah tertentu. 

Sebagai tanda terima kasih karena kamu sudah setia, pihak pengembang bisa saja memberikan mata uang digitalnya secara gratis padamu.

5. Bergabung ke komunitas tertentu

Airdrop crypto bisa kamu dapatkan ketika kamu masuk ke komunitas tertentu, lalu berkontribusi aktif di komunitas itu. 

Atau sedang ada event hari spesial di sana, biasanya pihak pengelola komunitas membagikan crypto atau token gratis dengan ketentuan yang harus diikuti oleh pesertanya.

Cara mengikuti airdrop crypto yang aman

Untuk mendapatkan airdrop crypto yang aman, kamu harus bisa memastikan bahwa itu bukanlah tipu-tipu. Kamu harus tetap waspada untuk sesuatu yang akan dibagikan secara gratis karena ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang akan memanfaatkan hal ini untuk keuntungannya sendiri. Sekarang kejahatan di dunia digital memang sedang marak-maraknya. 

Kamu harus memastikan bahwa event untuk airdrop itu adalah benar. Lalu, kamu juga harus tahu bahwa tidak ada penyelenggara airdrop crypto yang menyuruhmu mengisi PIN wallet atau memintamu untuk membayar sejumlah uang dulu untuk bisa mendapatkan airdrop-nya. Intinya kamu harus cek dulu, jangan cepat tergiur dengan sesuatu yang gratis.

Artikel Terkait