Perencanaan Keuangan

5 Aplikasi Dana Kilat yang Siap Bantu Keuanganmu Kapan Saja

5 Aplikasi Dana Kilat yang Siap Bantu Keuanganmu Kapan Saja

Dinamika kehidupan finansial berjalan tanpa bisa kontrol sepenuhnya. Meski sudah disiapkan dengan matang, tetap saja ada kebutuhan yang rasanya tak bisa kita penuhi dengan simpanan yang sudah ada. Saat itulah kita butuh pinjaman dana kilat yang mudah diakses.

Sebelumnya, pinjaman dana cepat mungkin terbatas pada keluarga, kerabatan atau teman saja. Namun meminjam dari kenalan seperti ini kadangkala memunculka rasa tidak nyaman pada hubungan pribadi. Bahkan bisa saja berpengaruh pada hubungan di masa depan.

Adapula praktik pemberi pinjaman lewat rentenir yang cepat namun suku bunganya mencekik leher. Tatkala kita membutuhan pinjaman uang cepat rasanya bunga berapa saja akan kita setujui demi pemberi pinjaman memberikan dananya sesegera mungkin. Salah-salah, bunga pinjaman ini kemudian malah menyusahkan kita.

Adapula alternatif pinjaman dana cepat lewat tarik tunai kartu kredit. Namun selain syarat memiliki kartu pembayaran ini cukup rumit, suku bunganya juga sangat tinggi. Karena itu, pinjaman dari kartu kredit sangat tidak disarankan oleh banyak pihak.

Lembaga penyalur kredit yang dikenal selama ini misalnya saja koperasi dan perbankan tidak bisa diandalkan untuk memberikan pinjaman dana kilat. Pasalnya, ada banyak syarat, ketentuan dan proses yang harus kita penuhi serta jalani. Mulai dari rekening bank tertentu sampai pencairan dana yang lama dan harus dilakukan pada hari kerja.

Namun kini masyarakat diberikan kemudahan dengan berkembangnya financial technology di Indonesia. Salah satu produk fintech yang paling dikenal adalah pinjamana dana kilat lewat aplikasi. Inovasi ini menjadi solusi bagi masyarakat yang selama ini dianggap tidak bankable dan tak terjangkau perbankan.

Hanya saja, kita juga harus sangat berhati-hati dalam memilih aplikasi pinjaman dana kilat ini. Alasannya sekarang bermunculan praktik pinjaman online kilat alias pinjol bodong yang ilegal. Selain bunga pinjaman yang amat tinggi, praktik kredit online ini kerap melakukan teror ketika nasabah telat melakukan pembayaran. Caranya penagihannya juga dengan meneror dan melanggar aturan dengan meretas data pribadi nasabah.

Karena itulah, kamu wajib memastikan jika lembaga yang memberikan pinjaman dana kilat bagimu itu aman dan legal agar tak sengsar di kemudian hari.

Rekomendasi Fintech Pinjaman Dana Kilat yang Legal dan Terpercaya

Sekarang banyak aplikasi dana kilat yang menawarkan pinjaman kilat langsung cair dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) kilat non bank dengan syarat lebih mudah. Selama ini, masyarakat mengandalkan bank untuk mencari pinjaman, namun proses di bank terkenal lama dan berbelit. 

Tak heran kemudian masyarakat antipati mengajukan pinjaman kilat di bank dan kerap memilih pihak yang tak bertanggungjawab misalnya saja rentenir. Namun kini tersedia aplikasi pinjaman online untuk kebutuhan dana kilat dengan mudah. Cukup menginstall aplikasinya, lakukan pengajuan, verifikasi dan pencairan dananya bisa dilakukan.

Kemudahan ini mungkin sekilas sepele namun ketika terdesak kebutuhan niscaya menjadi anugerah yang tak terhingga. Plafon pinjaman yang ditawarkan aplikasi pinjol juga sangat beragam mulai dari Rp 2 juta sampai dengan Rp 20 juta. Tentu saja nominal ini akan sangat membantu ketika misalnya perlu dana kilat untuk tagihan rumah sakit atau kebutuhan mendesak lainnya.

Apa saja dana kilat online tersebut dan kenapa aplikasi tersebut lebih unggul? Di era transformasi digital 4,0 seperti saat ini, banyak sekali fintech bertebaran dan menawarkan layanan KTA Kilat dengan sejumlah fitur menarik.

Banyak sekali layanan yang mereka berikan, misalnya saja pinjam uang 10 juta tanpa jaminan. Namun dari banyak aplikasi yang tersedia, manakah yang memberikan penawaran terbaik? Tak perlu bingung, Ajaib telah merangkum 5 pinjaman dana kilat untukmu yang dijamin legal dan terpercaya.

1. UangTeman

UangTeman merupakan salah satu fintech yang menawarkan pinjaman secara online tanpa jaminan untuk kebutuhan kecil dalam jangka pendek. Aplikasi dari PT Digital Alpa Indonesia ini merupakan salah satu pemain pertama dalam industri pinjol di Indonesia karena mulai beroperasi sejak 2015.

Pinjaman dana kilat ini telah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 24 Mei 2019 lalu. Ekspansinya juga telah merambah berbagai wilayah bukan hanya di kota besar Pulau Jawa saja namun hingga Lampung dan Balikpapan.

Jumlah pinjaman maksimum yang dapat diberikan adalah senilai Rp 2 juta dengan lama pinjaman maksimal 30 hari. Untuk kamu yang ingin pinjam uang dengan jumlah besar maka UangTeman bukan tempatnya. Aplikasi pinjaman online ini ditujukan untuk pinjaman kecil bagaikan meminjam dari teman sendiri.

Proses pengajuan cukup mudah dan cepat bahkan dijanjikan bisa selesai dalam waktu 15 menit saja. Di mana, kamu bisa mendapatkan uang tersebut langsung diterima ke rekeningmu paling lambat 2 hari setelah pengajuan untuk pinjaman pertama dan 3 jam untuk pinjaman berikutnya. Pinjaman kilat ini bisa menjadi alternatif diluar bank. Karena proses di bank lebih lama dan minimal pinjaman di bank lebih tinggi (di atas Rp5 juta).

2. Amartha

Rekomendasi aplikan pinjaman dana kilat dari Ajaib berikutnya ialah Amartha dari PT Amartha Mikro Fintek. Amartha merupakan aplikasi pinjaman online yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan untuk pengusaha kecil (UMKM) yang memiliki usaha di Bogor dan Bandung.

Konsepnya ialah peer to peer lending (P2P lending) yang menghubungkan antara investor dengan peminjam secara online. Pinjaman diberikan mulai dari Rp2 juta dengan tenor 3, 6, dan 12 bulan. Pengajuan pinjaman harus dilakukan dalam kelompok yang terdiri atas beberapa anggota.

Para calon peminjam diminta membentuk kelompok 15 – 20 orang di lokasi tempat tinggalnya. Syarat anggota adalah pengusaha perempuan yang memiliki kebutuhan modal Rp2 juta. Program pinjaman ini juga diberikan secara offline dengan tim yang akan melakukan kajian kelayakan.

Sebelum pinjaman diberikan, Amartha akan melakukan pelatihan wajib kepada setiap calon peminjam dalam kelompok tersebut. Hal ini bertujuan agar kelompok bisa membuat proposal pengajuan kredit. Kemudian, proposal kredit yang telah dikaji tersebut akan ditawarkan kepada para investor yang akan memberikan pembiayaan. Setelah mendapatkan komitmen dana dari investor, Amartha akan memfasilitasi akad dan pencairan kepada peminjam.

3. Taralite

Taralite merupakan fintech yang menawarkan pinjaman dana kilat yang bisa diajukan secara online dengan jaminan. Layanan ini merupkan aplikasi buatan PT Indonusa Bara Sejahtera dan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 21 Juli 2017.

Pinjamannya khusus diberikan kepada para online seller yang ingin mengembangkan usahanya, biaya pendidikan dan renovasi rumah. Untuk setiap jenis pinjaman tersebut diberlakukan syarat yang berbeda. Selain itu, harus menyertakan aset sebagai agunan yang kemudian menetukan besaran suku bunga yang diberikan kepada kreditur.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah plafon pinjamannya yang cukup besar dibandingkan aplikasi sejenis. Kredit bisa diberikan mulai dari Rp2 juta sampai dengan Rp 500 juta dengan tenor maksimal 12 bulan. Besaran bunganya juga beragam mulai dari 0,99%.

Pengajuan dana kilat kepada Taralite hanya bisa dilakukan melalui aplikasi. Proses pengajuan hingga pencairan membutuhkan waktu maksimal 5 hari kerja setelah dokumen masuk dan telah terverifikasi. Setelah disetujui maka dana akan langsung ditransfer ke nomor rekening yang disertakan sebelumnya.

4. Koinworks

Koinworks juga merupakan salah satu nama besar dalam industri tanah air sejak kemunculannya pada 2017 lalu. Aplikasi yang telah terdaftar di OJK ini menawarkan pinjaman uang online yang digunakan untuk modal usaha. Mekanismenya menerapkan peer to peer lending (P2P Lending).

Karena itu, kamu juga bisa berinvestasi melalui Koinworks dengan menjadi investor. Jumlah minimal pendanaanya juga terjangkau dibandingkan fintech lainya yaitu mulai dari Rp100.000 saja. Namun, tingkat pengembaliannya dinilai sangat menjanjikan.

Adapun, pinjaman dana kilat ini ditujukan untuk kebutuhan usaha, pendidikan dan kesehatan. Hanya saja, syarat utamanya adalah usaha yang dimiliki harus sudah berjalan minimal 2 tahun dan berlokasi di Jabodetabek. Minimum pinjaman adalah Rp10 juta sampai dengan Rp 500 juta dengan tenor cicilan maksimal 24 bulan. Bunga 0.75% sampai 1.7% flat per bulan.

Di mana, tingkat bunga yang akan dikenakan ditentukan berdasarkan grading yang diberikan oleh Koinworks.

Selain bunga, ada juga biaya-biaya lainnya seperti:

  • Biaya persetujuan Kredit 2% – 4%
  • Asuransi Jiwa: 0.24%
  • Biaya administrasi: Rp100,000.

Proses pengajuan kredit dilakukan dalam beberapa tahap. Ada 5 tahap yang perlu kamu lewati ketika ingin meminjam uang di Koinworks.

5. OVO PayLater

Sudah tidak asing lagi bukan dengan OVO. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk berbelanja maupun saat menggunakan aplikasi ojek online. Namun kini kegunaannya bertambah dengan menjadi sumber penyedia dana kilat yang kau butuhkan.

Aplikasi ini adalah bentuk kerja sama OVO dengan Taralite yang memberikan fasilitas belanja sekarang dan bayar kemudian. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu akan dikenakan sejumlah biaya layanan, dan wajib kamu bayar sebelum jatuh tempo.

Kini, zaman sudah semakin canggih, kamu sudah melakukan pinjaman dana secara online. Banyak platform penyalur dana online yang kredibel dan bisa dipercaya. Namun, perlu diingat, sebelum kamu memilih dan menggunakan aplikasi pinjaman online ini, perhatikan terlebih dulu keamanannya, pastikan aplikasi tersebut telah terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

OJK Terbitkan Moratorium Izin Fintech Pinjol

Pertumbuhan fintech khususnya penyedia pinjaman online cenderung sangat pesat. Hanya dalam beberapa tahun saja sudah ada 164 fintech yang beredar di masyarakat. Namun perkembangan ini juga diiringi dengan banyaknya keluhan akan masyarakat.

Dikutip dari CNBC Indonesia, OJK kini penghentian sementara pendaftaran izin baru bagi fintech lending alias pinjaman online. Alasannya kini sudah sangat banyak pinjol yang beroperasi dan ditakutkan akan berlebihan jika tidak dikontrol.

Saat ini, ada 25 aplikasi dana kilat yang sudah mendapatkan izin usaha dari OJK sedangkan 139 lainnya masih berstatus terdaftar. Penghentian sementara ini dilakukan untuk mengevaluasi juga menyempurnakan sistem pengawasan dan memastikan peningkatan kualitas industri. Jika ternyata kebutuhannya masih tinggi, tak menutup kemungkinan keran perizinan akan dibuka kembali.

Bacaan menarik lainnya:

Baridwan, Zaki. (2004). Intermediate Accounting.Yogyakarta: BPFE
Otoritas Jasa Keuangan.(2015). Roadmap Perbankan Syariah Indonesia 2015-2019. Departemen Perbankan Syariah OJK.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait