Saham

5 Aplikasi Beli Saham Online Ini Buat Kamu Makin Untung

aplikasi beli saham online

Ajaib.co.id – Sekarang berinvestasi di pasar modal dimudahkan dengan adanya aplikasi beli saham online. Investor kini lebih dimudahkan untuk memantau pergerakan sahamnya dan melakukan transaksi. Berikut ini adalah daftar aplikasi saham terbaik yang bisa kamu pakai untuk melancarkan jalanmu mencapai keuntungan.

Bagi sebagian besar orang, membeli saham dianggap sebagai investasi yang menguntungkan. Walaupun harganya tergolong fluktuatif, investasi saham tetap menjanjikan dan menguntungkan. Buat kamu yang tertarik untuk berinvestasi saham kini sudah ada cara yang lebih mudah yaitu melalui smartphone menggunakan sebuah aplikasi secara online.

Ada beberapa aplikasi beli saham online yang membantu para investor dan calon investor untuk melakukan transaksi. Dengan perkembangan teknologi terkini, hanya bermodalkan smartphone saja kamu sudah bisa memantau pergerakan harga saham dengan cepat. Hadirnya aplikasi beli saham online ini sangat membantu terutama untuk investor yang baru terjun ke dunia pasar saham.

Terbukti, pasar modal di dalam negeri telah mengalami peningkatan jumlah investor hingga 3,02 juta single investor identification (SID). Pertumbuhan ini mengalami kenaikan hingga 3 kali lipat dibanding dengan jumlah investor pada 2016. Jika dibandingka akhir 209, mengalami kenaikan 17,8% dari jumlah 2,48 juta SID.

Kenaikan ini disebabkan semakin masifnya gerakan literasi keuangan dan berbagai kegiatan yang mendukung. Investor pemula dimudahkan dengan berbagai program yang dihadirkan. Selain itu, aksesnya kini juga lebih mudah. Bukan tak mungkin nantinya investor lokal akan lebih dominan dibandingkan investor dari luar negeri.

Pembukaan rekening saham lewat aplikasi beli saham online juga menjadi salah satu penyebabnya. Selama masa pandemi, masyarakat disarankan bahwa saham terbaik untuk persiapan masa depan. Selain itu, terjadi penurunan harga saham emiten unggulan sehingga investor merasa mendapat angin segar untuk menyusun portofolionya.

Kehadiran aplikasi beli saham online juga cocok dengan pola hidup baru pasca pandemi ini. Masyarakat cenderung menjaga diri dengan bertransaksi secara online baik untuk kebutuhan hidup maupun berinvestasi. Karena itu, fitur aplikasi trading saham yang memungkinkan setiap proses dijalankan secara digital sangat mendukung.

Sementara itu dalam jual beli saham, salah satu pertimbangan penting yang harus diperhatikan adalah harga. Jika harga saham sedang mahal, umumnya investor akan menunggu harganya turun sebelum membeli. Ketika saham sedang naik tinggi, disinilah para investor memperoleh keuntungan.

Selain itu, kamu juga harus cepat dalam mengambil keputusan dalam membeli saham. Karena Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka perdagangan hanya dari Senin hingga Kamis, mulai dari jam 09.00-12.00 WIB dan 13.30-15.49 WIB. Kemudian untuk hari Jumat dibuka jam 09.00-11.30 WIB dan 14.00-15.49.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu segera menginstal aplikasi beli saham online berikut ini.

RTI Business

RTI Business jadi rekomendasi pertama aplikasi beli saham online untuk kamu instal di ponsel. Di dalamnya tersedia fitur yang sangat lengkap, mulai dari indeks harga saham gabungan (IHSG), chart, berita, hingga data keuangan. Selain itu adapula informasi yang bisa kamu dapat seperti saham, nilai kurs, sampai harga logam mulia dan disajikan secara up-to-date. Lewat aplikasi ini, kamu juga bisa melihat data historis perusahaan maupun pergerakan harga sahamnya.

RTI Business ini salah satu aplikasi favorit bagi para investor terutama untuk melakukan analisa fundamental. Apalagi tersedia juga fitur simulasi trading saham, yaitu IDX Virtual Online Trading bagi yang ingin berlatih menjadi trader. Aplikasi ini bisa digunakan untuk pengguna Android dan juga Iphone. Jadi, instal langsung di smartphone kamu.

Investing.com

Selanjutnya ada Investing.com yang bisa dipilih untuk diinstal ke ponsel kamu. Sama seperti RTI, aplikasi ini juga menyajikan informasi terkait saham secara terkini. Berbagai berita mengenai perekonomian bisa kamu pantau di Investing.com, bahkan di dalamnya juga dimuat opini dan analisa seputar saham. Dengan begitu aplikasi beli saham online ini akan sangat menarik untuk digunakan.

Bagi yang ingin membeli saham, Investing.com menyajikan chart dalam tampilannya supaya calon investor bisa terlebih dahulu melakukan analisis teknikal.

Stockbit

Stockbit mengklaim kalau aplikasinya cocok untuk para milenial yang ingin investasi saham. Dari segi tampilannya, aplikasi ini terlihat sederhana sehingga lebih user friendly. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendiskusikan tentang saham bersama investor lain maupun komunitas.

Ada empat fitur yang jadi keunggulan Stockbit, yaitu fitur Social yang dapat dimanfaatkan untuk sarana penggunanya melihat berbagai hasil analisa saham. Lalu terdapat juga fitur Analytic yang disajikan berupa chart, charbit, serta stock screener.

Tidak hanya itu, Stockbit dapat membantu para pemula untuk belajar bermain saham menggunakan fitur virtual trading. Karena Stockbit kerja sama dengan Sinarmas Sekuritas, maka kamu diharuskan terdaftar sebagai nasabah Sinarmas Sekuritas terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasinya.

Poems ID

Rekomendasi aplikasi beli saham online berikutnya adalah Poems ID. Disini bisa memantau langsung pergerakan harga saham secara real time. Kemudian, dalam aplikasi ini kamu bisa melakukan trading saham dan juga jual beli reksa dana. Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh Phillip Sekuritas Indonesia, maka tak heran jika Poems ID cukup populer di kalangan investor.

Sekedar informasi, Phillip Sekuritas Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang tergabung dalam bursa efek sekaligus jadi perantara dalam transaksi pembelian saham. Maka dari itu, sebelum menggunakan aplikasinya, kamu sudah harus terdaftar sebagai nasabah di Phillip Sekuritas Indonesia.

Nabung Saham Go

Di nabung saham Go, kamu bisa belajar bagaimana caranya berinvestasi saham dengan cara yang menyenangkan seperti bermain game. Hal itu dilihat dari pada saat pertama kali menggunakannya, kamu diharuskan bikin username dan juga avatar.

Begitu saat memulai permainan, kamu akan didemonstrasikan sebagai salaryman yang punya penghasilan Rp 2.000 per 10 detik, kemudian akan mendapat Rp 100 juta untuk cash game. Nominal cash game ini bisa kamu tingkatkan dengan membeli saham, menjawab quiz, dan upgrade skill. Dalam permainan ini, harga saham bisa berubah otomatis setiap satu menit, tapi sayangnya harga tersebut tidak mengikuti pasar secara real.

Aplikasi ini sangat layak untuk kamu instal karena merupakan kreasi dari BEI beserta Otoritas Jasa Keuangan yang bekerja sama dengan PT Winratama Perkasa lewat WinGamers. Langsung saja unduh dan coba aplikasinya!

Ajaib, Aplikasi Beli Saham Online Kaya Fitur Untuk Pemula

Selain lima aplikasi beli saham online di atas, masih terdapat aplikasi lain yang tak kalah bagusnya yaitu Ajaib. Di Ajaib terdapat beberapa fitur yang memudahkan kamu untuk memilih berbagai jenis investasi, mulai dari saham, obligasi, ataupun reksa dana. Sama seperti aplikasi lainnya, Ajaib juga menyediakan fitur sosial untuk berdiskusi.

Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu akan mendapat notifikasi mengenai peristiwa-peristiwa seputar ekonomi. Menariknya, disini terdapat manajer investasi yang siap mengelola dana investasi kamu dengan aman.

Ajaib menjadi aplikasi beli saham online paling pas dengan kebutuhan pemula dengan berbagai fiturnya. Misalnya saja fitur notifikasi Ajaib Alert, Competitive Ranking, dan News Highlight. Dalam fitur notifikasi Ajaib Alert, akan membantu pengguna menjadi yang pertama tahu kapan saat terbaik untuk buy maupun cut loss saham pilihan mereka. 

Untuk fitur Competitive Ranking, akan memungkinkan pengguna untuk mengetahui kekuatan fundamental perusahaan, dibandingkan dengan kompetitornya. Competitive Ranking juga untuk mengedukasi pengguna agar lebih kenal dengan saham yang dipilihnya.

Ajaib juga akan aktif mencari dan merangkumkan saham yang jadi sorotan oleh media ternama melalui fitur News Highlight. Melalui fitur ini, pengguna bisa mengetahui sentimen pasar, dan peristiwa-peristiwa yang mempengaruhi harga saham sebelum akhirnya melakukan keputusan investasi.

Ajaib merupakan aplikasi beli saham online terpercaya karena merupakan produk baru hasil dari akuisisi Primasia Sekuritas. Broker saham ini sendiri sudah berkecimpung dalam dunia pasar modal sejak 1989. Primasia Unggul Sekuritas adalah perusahaan sekuritas lokal dan memiliki izin perantara pedagang efek (PPE/brokarage) dengan besaran Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) terakhir sebesar Rp 26,58 miliar.

Ada tiga hal yang menjadi keunggulan utama dari Ajaib sebagai aplikasi beli saham online antara lain:

  • Daftar Akun Online

Pendaftaran akun saham dapat dilakukan secara online sepenuhnya dan tidak membutuhkan waktu lama. Berbeda dari beberapa waktu lalu ketika pembukaan Rekening Dana Nasabah membutuhkan proses yang lama dan berbelit. Kini calon investor tidak perlu mengirim dokumen via pos maupun negosiasi dengan agen di kantor sekuritas.

Cukup mengunduh aplikasi dari PlayStore, kemudian mengikuti alur prosedur pendaftaran. Setelah semua tahapan selesai, calon investor hanya perlu menunggu selama sekitar 1×24 jam hingga pembukaan rekening disetujui.

  • Biaya Transaksi Murah

Semua aplikasi beli saham online tentunya menetapkan biaya transaksi. Namun Ajaib menawarkan keuntungan lebih dengan biaya yang jauh lebih murah. Biaya transaksi saham berkisar antara 0,10%-0,08% tergantung volume perdagangan.

Jumlah ini belum termasuk biaya levy (BEI, KPEI, KSEI) 0,043%, PPN biaya broker 10%, dan PPh final untuk transaksi jual 0,1%. Sebagai gambaran, transaksi beli saham BJTM pada harga Rp515 sebesar 1 lot yang bernilai Rp51.500 akan terkena biaya transaksi Rp79.

  • Diversifikasi Portofolio

Sebelum menambahkan instrumen saham dalam salah satu pilihannya, aplikasi Ajaib sebelumnya sudah hadir sebagai penyedia produk reksa dana. Karena itu, kini penggunanya mendapatkan pilihan yang leluasa yakni reksa dana dan saham sekaligus.

Aplikasi Ajaib bukan hanya memungkinkan kita untuk berinvestasi saham, tapi juga investasi tematik dan reksa dana. Hal ini menjadikan aplikasi Ajaib cocok untuk diversifikasi portofolio dalam satu platform. Sebagaimana yang kita tahu, diversifikasi adalah jurus ampuh untuk menekan risiko investasi apapun.

Tidak perlu mengunduh dan mendaftar ke banyak sekuritas untuk menyusun sebuah portofolio dengan risk/reward berimbang. Kita bisa merancang sendiri portofolio dengan profil risiko yang cenderung konservatif maupun agresif.

Berbagai keunggulan di atas adalah sedikit alasan kamu harus menjatuhkan pilihan pada Ajaib sebagai aplikasi trading saham online. Bukan hanya kaya inovasi namun memang ada banyak fitur yang mendukungmu sebagai investor pemula. Aplikasi beli saham online ini memang dihadirkan untuk milenial yang ingin belajar investasi tanpa terlalu lama menunggu untuk merasakan hasil manisnya.

Artikel Terkait