Emas, Investasi, Investor Pemula

7 Trik Investasi Emas yang Wajib Kamu Ketahui

trik-investasi emas

Selama ribuan tahun, manusia memandang emas sebagai investasi dan sebagai penyimpan yang bernilai tinggi. Ketika ekonomi dipertanyakan dan ketika pasar saham bergejolak, banyak investor memilih untuk beralih ke emas. Namun, tanpa mengetahui trik investasi emas, kamu bisa saja kecolongan dan mengalami kerugian.

Sebelum berinvestasi, penting untuk memahami sistem kerja dari investasi emas. Seperti halnya dalam investasi apa pun, risiko yang kamu tanggung lebih besar jika pengetahuan kamu minim. Kalau kamu tertarik berinvestasi emas, berikut adalah beberapa trik investasi emas yang wajib diketahui.

Melakukan Pembelian Emas di Saat Harga Turun

Cara klasik ketika kamu ingin berinvestasi emas yang menguntungkan adalah dengan membeli emas disaat harga jual cukup murah dan menjualnya ketika harga emas sudah naik dan selisih jualnya cukup banyak.

Teknik yang sering dilakukan para orang tua zaman dulu telah terbukti cukup efektif jika dilakukan dalam waktu tepat dalam masa yang panjang. Dengan menjalankan teknik ini, kamu bisa berinvestasi emas, baik jenis emas batangan, logam mulia, maupun perhiasan emas jangka panjang misalnya kurung waktu 5 sampai 10 tahun.

Saham Emas Tidak Sama dengan Membeli Emas

Beberapa investor suka berinvestasi di saham emas karena mereka menawarkan eksposur ke emas (secara fisik). Namun, penting untuk dicatat bahwa sebenarnya berinvestasi di saham dan bukan emas fisik yang sebenarnya. Kamu mungkin berinvestasi di perusahaan pertambangan emas atau perusahaan yang menangani emas, tetapi tidak benar-benar berinvestasi dalam fisik emas itu sendiri.

Jika kamu lebih menyukai gagasan pemaparan dan cara kerja perusahan terhadap emas, tetapi tidak ingin membeli fisik emas, saham emas bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, kamu tidak akan memiliki kepemilikan langsung atas emas tersebut

Perhatikan Sertifikat Keaslian Emas

Dokumen asli atau sertifikat keaslian emas dapat membuat seluruh proses investasi sedikit lebih sederhana. Namun, pahami bahwa ketika kamu berinvestasi dalam sertifikat perusahaan saham emas, kamu tidak benar-benar melihat atau memegang emas. Anda dianggap memilikinya, tetapi satu-satunya bukti kamu adalah kertas atau sertifikat kepemilikan.

Jika kamu memutuskan untuk berinvestasi dalam sertifikat emas, penting untuk memverifikasinya. Pastikan mereka bisa dipercaya. Dengan sertikat emas, ada kemungkinan perusahaan yang tidak bermoral dapat menjual emas yang sama beberapa kali. Ketika kamu ingin mengambil uangmu secara tunai dalam keadaan darurat, biasanya penipuan tersebut akan terungkap.

Mulai dengan Menabung Emas

Trik investasi emas selanjutnya adalah dengan membuat emas sebagai tabungan dan asuransi, misalnya kamu menabung menabung 1 gram emas tiap bulannya. Dan ketika tabungan emas ini sudah terkumpul, kamu bisa jadikan sebagai alat untuk membeli berbagai macam kebutuhan, misalnya untuk membeli mobil, rumah, biaya haji, umroh, menikah, asuransi kesehatan keluarga, liburan, pendidikan anak dan lainnya.

Dengan menjalankan tips dengan konsep ini, kamu tidak akan mengenal inflasi. Sehingga, tabungan emas kamu akan utuh dan cenderung meningkat meski ada inflasi pada produk yang kamu inginkan di masa depan. Hal ini dikarenakan kenaikan inflasi yang ada akan tertutupi dengan harga emas ketika dikonversi menjadi emas dalam gram.

Investasi Emas untuk Modal Usaha

Strategi ini seringkali dijalankan dengan sistem gadai, misalnya kamu memiliki emas 100 gram, untuk meningkatkan nilai emas, kamu bisa menggadaikannya, kemudian uang hasil gadai dijadikan modal usaha dan bisnis.

Untuk menjalankan teknik ini dengan benar kamu harus memahami dengan baik, kelemahan sistem ini yaitu ketika bisnis bangkrut, maka emas kamu akan hilang atau berkurang. Namun, ketika usaha kamu berkembang, maka bukan tidak mungkin kamu bisa meningkatkan jumlah emas yang kamu miliki.

Tempat Penyimpanan Aman untuk Emas Fisik

Ketika kamu berinvestasi dalam emas fisik, termasuk koin dan emas, kamu memerlukan tempat yang aman untuk menyimpannya. Jika kamu lebih suka mengatur sendiri penyimpanannya, belilah brankas yang kuat dan andal untuk penyimpanan emas kamu. Jika tidak dapat menyimpannya di tempatmu sendiri, kamu dapat menggunakan brankas di bank atau pihak ketiga.

Biasanya kamu akan dikenakan tarif yang cukup besar. Namun, jika kamu memilih menyimpan emasmu di bank atau pihak ketiga, kamu harus siap membayar biaya yang akan ditagihkan, tapi ini juga akan mengurangi potensi keseluruhan keuntungan untuk ke depannya.

Emas Tidak Memiliki Patokan Tetap

Berinvestasi dalam emas dapat dijadikan perlindungan ekonomi kamu terhadap resiko inflasi. Banyak investor menyukainya karena memiliki potensi untuk menjadi simpanan uang ketika saham jatuh atau keadaan ekonomi yang sedang turun. Seringkali, emas bergerak mengikuti nilai tukar dolar Amerika, yang juga membuatnya menarik.

Namun, emas tidak selalu berperilaku seperti yang diharapkan investor. Kadang-kadang itu tidak mengikuti nilai dolar dan kadang-kadang emas nilainya turun pada saat yang sama dengan keadaan pasar saham. Meskipun itu bisa menjadi pilihan yang baik, sadarilah emas, seperti halnya investasi apa pun, dipengaruhi oleh nilai yang dirasakan dan itu tidak patokan yang tetap seperti yang kamu pikirkan.

Nah, itu dia beberapa trik investasi emas yang wajib diketahui. Sudah siapkah kamu berinvestasi emas? Emas merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan untuk kamu mulai dari hari ini. Namun, dengan memilih emas sebagai investasi, kamu juga harus bisa merawatnya dengan baik dan benar untuk mendapatkan harga buy back yang tinggi.

Bagi kamu investor yang tidak bisa merawat emas dengan baik, kamu bisa memilih instrumen investasi lainnya yang juga menguntungkan dan memiliki risiko minim. Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih, mulai dari deposito, reksa dana, dan saham.

Nah, bagi kamu yang ingin memilih investasi reksa dana dan saham, kini kamu bisa membelinya kapan dan di mana saja secara online. Namun, pastikan kamu memilih tempat membeli instrumen ini dengan tepat dan pastikan telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan.

Ajaib merupakan salah satu aplikasi investasi yang bisa membantu kamu memulai investasi reksa dana maupun saham dengan mudah, kapan dan di mana saja. Dengan Ajaib, kamu tidak perlu khawatir keamanannya, karena Ajaib telah terdaftar dan diawasi OJK.

Bukan hanya itu, Ajaib juga termasuk investasi yang cocok buat kamu investor pemula. Karena, di Ajaib kamu bisa memulai investasi hanya dengan modal Rp10 ribu untuk reksa dana, dan Rp100 ribu untuk investasi saham. Imbal hasil yang bisa kamu dapatkan pun sesuai dengan tujuan investasimu.

Jadi tunggu apalagi? Tentukan tujuan investasi kamu, baik untuk dana pensiun, dana pendidikan, dana darurat, dana haji atau umroh, dan sebagainya. Kemudian pilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan keuanganmu.

Ketika kamu ingin berinvestasi jangka pendek maka kamu bisa memilih investasi reksa dana, sedangkan bagi kamu yang ingin investasi jangka panjang, kamu bisa memilih investasi saham. Jadi tunggu apalagi? Wujudkan tujuan keuanganmu di masa depan dengan mulai berinvestasi sekarang juga di Ajaib!

Artikel Terkait