4 Tips Keuangan Sebelum Menikah, Kamu Harus Pikirkan Ini

Menikah

Menikah adalah komitmen besar. Itu melibatkan banyak kepercayaan dan pekerjaan. Sangat menyenangkan menemukan seseorang yang ingin kamu habiskan bersama hidup kamu.

Ketika kamu bersiap untuk menikah, penting untuk duduk dan membahas keuangan. Salah satu penyebab utama pertengkaran dan perceraian dalam perkawinan adalah keuangan. Merupakan hal penting bahwa kamu mengambil langkah-langkah sebelum kamu menikah untuk memastikan bahwa kamu dan pasangan masa depanmu dapat bekerja bersama.

Ini bisa membuat frustasi jika salah satu pasangan tidak mau berpartisipasi dalam proses penganggaran. Duduk bersama dan bicarakan hal ini, dapat membantu kamu menghindari kesalahan keuangan besar dalam pernikahan kamu.

1. Berkomunikasi Tentang Keuanganmu

Kamu perlu memastikan bahwa kamu bisa bekerja sama dalam keuangan dengan pasangan. Ini berarti kamu harus duduk dan mendiskusikan secara terbuka di mana kamu saat ini termasuk semua utang dan aset kamu. Setelah kamu menikah, kamu akan menggabungkan ini. Akan sangat menyebalkan jika satu orang menghabiskan uang secara sembrono sementara yang lain menyimpan uang terus-menerus.

Kamu perlu bekerja sama untuk menemukan jalan tengah yang saling menguntungkan. Kamu perlu mengambil keputusan besar bersama dan memutuskan, bagaimana menghadapi tekanan keuangan dari keluarga besar atau keputusan keuangan sulit lainnya yang mungkin muncul.

2. Tetapkan Tujuan Bersama

Setelah kamu membahas di mana kamu masing-masing secara finansial, kamu harus menetapkan tujuan spesifik terkait keuangan sebagai pasangan. Ini bisa termasuk keluar dari utang, membeli rumah dan menabung untuk masa pensiun.

Kamu harus spesifik dengan timeline dan jumlah, karena ini akan membantu kamu tetap di jalur yang tepat. Tujuan kamu akan membantu kamu sukses secara finansial dan pensiun dengan nyaman. Ketika kamu bekerja bersama untuk mencapai tujuan-tujuan ini, kamu akan menemukan bahwa arah dan tujuan membantu memperkuat pernikahan kamu.

3. Anggaran Sebagai Pasangan

Selain itu, kamu harus merencanakan anggaran bersama. Ini akan membantu kamu bekerja bersama untuk mencapai tujuan kamu. Ini juga menetapkan pedoman pengeluaran yang jelas. Ketika kamu menganggarkan sebagai pasangan, penting bagi kamu untuk berkomunikasi secara teratur.

Pada awalnya, kamu mungkin perlu memeriksa anggaran setiap malam dan melaporkan pengeluaran kamu satu sama lain. Setelah kamu menganggarkan selama beberapa bulan, kamu mungkin dapat berbicara tentang keuangan kamu hanya dua kali seminggu. 

Dengan mendiskusikan apa yang telah kamu habiskan dan menjaga total anggaran, kalian berdua akan terlibat dalam keputusan keuangan harian dan bekerja bersama sebagai satu tim. Saat kamu mengerjakannya, menyiapkan anggaran akan semakin mudah.

Luangkan waktu sekarang untuk memiliki kebiasaan finansial yang bagus dalam pernikahan kamu. Tunjangan untuk kamu berdua dapat membantu menghentikan perkelahian uang dan memberi kamu uang untuk dibelanjakan pada beberapa hal yang kamu inginkan setiap bulan.

Pastikan kamu bekerja untuk membangun hubungan kamu bahkan ketika dengan anggaran yang ketat, kamu masih dapat membeli tanggal murah ini. kamu juga perlu menyesuaikan anggaran saat memiliki anak.

4. Menggabungkan Keuangan

Akhirnya, dalam hal pernikahan dan uang, kamu harus melepaskan masa lalu dan bergerak maju bersama. Jika kamu akan membenci pinjaman atau utang kartu kredit yang dibawa pasangan kamu ke pernikahan, kamu mungkin perlu memikirkan kembali untuk menikah. Ketika kamu menikah, kamu mengambil aspek positif dan negatif dari pernikahan.

Penting untuk mempertimbangkan utang dan tabungan sebagai milik kita, bukan milik kamu atau milik saya. Ini akan mengarah pada pengalaman yang jauh lebih positif untuk kamu berdua.

Bacaan menarik lainnya:

Baridwan, Zaki. (2004). Intermediate Accounting.Yogyakarta: BPFE

Yeske, D .(2010).Finding the planning in financial planning. Journal of Financial Planning, vol.23, no.9, pp40-51.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait