4 Produk Reksa Dana Pasar Uang yang Lagi Populer

produk reksa dana
produk reksa dana

Ada banyak produk reksa dana pasar uang yang bisa kamu pilih. Untuk mengetahui apa saja produk reksa dana tersebut, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini ya.

Perkembangan reksa dana di Indonesia semakin bagus dari waktu ke waktu. Data menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut dana kelolaan industri reksa dana di tahun 2019 sudah mencapai angka Rp520 triliun.

Angka itu lebih baik bila dibandigkan dengan catatan OJK di akhir tahun 2018, yakni Rp507 triliun. Tentunya, catatan OJK terhadap reksa dana naik hingga 2,49 persen.

Salah satu jenis yang mencatatkan pertumbuhan signifikan sepanjang tahun 2019 adalah reksa dana pasar uang. Apa itu reksa dana pasar uang?

Reksa Dana Pasar Uang

Untuk kamu ketahui, reksa dana pasar uang adalah investasi yang 100 persen instrumennya berupa Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Deposito Berjangka, dan Obligasi yang jatuh tempo di bawah satu tahun. Reksa dana ini tidak dipungut biaya pembelian dan penjualan. Selain itu, reksa dana jenis ini menawarkan potensi tingkat pengembalian lebih tinggi daripada rekening tabungan atau koran.

Dalam reksa dana pasar uang ada banyak alternatif pilihan produknya. Seperti dikutip Bareksa misalnya, ada 30 produk reksa dana pasar uang yang dijual. Namun, ada empat reksa dana pasar uang paling top dan paling banyak digemari oleh investor.

Capital Money Market Fund

Pada urutan pertama, kamu bila memilih reksa dana pasar uang yang namanya Capital Money Market Fund. Produk yang ini mencatatkan return (imbal hasil) sebesar 6,18 persen pada tahun 2019. Bahkan, reksa dana jenis ini memiliki dana kelolaan (asset under management/AUM) senilai Rp185,88 miliar.

Sementara itu, dengan sharpe ratio, reksa dana yang saat ini di bawah naungan PT Capital Asset Management memiliki nilai lumanyan tinggi, 3,19. Konsistensi yag diluncurkan reksa dana ini sejak 28 Desember 20185 mampu mengalahkan indeks acuannya mencapai 100 persen.

Intinya, reksa dana Capital Money Market Fund mempunyai skor yang tinggi dan pantas berada di peringkat pertama menurut penilaian ketiga indikator tersebut dengan angka hingga 2,59.

Lancar Victoria Merkurius

Reksa dana pasar uang kedua adalah Lancar Victoria Merkurius. Produk yang satu ini mencatatkan return sebesar 6,28 persen sepanjang tahun. Reksa dana ini sudah mempunyai dana kelolaan (asset under management/AUM) senilai Rp313,27 miliar.

Sementara sharpe rationya memiliki nilai 3,26. Produk reksa dana pasar uang ini dikelola oleh PT Victoria Manajemen Investasi sudah konsistensi sejak 4 Juni 2015. Indesk acuannya dalam setahun terakhir sangat tinggi, yakni 92 persen.

Reksa dana Lancar Victoria Merkurius berhak berada di urutan kedua karena memiliki tiga indikator tersebut dengan skor yang lumayan memuaskan, 2,55.

Cipta Dana Cash

Cipta Dana Cash berada di posisi ketiga. Produk reksa dana pasar uang ini tercatat memiliki return hingga 6,02 persen dalam setahun trakhir. Selain itu, tercatat pula kalau reksa dana ini mempunyai dana kelolaan (asset under management/AUM) senilai Rp223,77 miliar.

Reksa dana Cipta Dana Cash ini dikelola oleh PT Ciptadana Asset Management dan memiliki sharpe ratio dengan nilai 2,97. Sejak 8 Juni 2015, konsistensi reksa dana pasar uang Cipta Dana Cash memiliki indeks acuan mencapai 92 persen sepanjang tahun.

Intinya, reksa dana pasar uang jenis ini berada di peringkat ketiga, Dengan penilaian melalui tiga indikator itu memiliki skor sebanyak 2,40.

Reksa Dana Mega Dana Kas

Urutan keempat adalah produk reksa dana pasar uang milik PT Mega Capital Investama. Produk ini dinakai reksa dana Mega Dana Kas. Jenis yang satu ini memiliki return yang sangat menggiurkan, yakni 5,95 persen dalam setahun terakhir.

Tercatat, di awal tahun 2019, reksa dana ini telah memiliki dana kelolaan (asset under management/AUM) senilai Rp155,97 miliar. Sementara itu, terkait sharpe ratio, Reksa Dana Mega Dana Kas sejak diluncurkan pada 11 September 2019 mengalahkan indeks acuannya mencapai 75 persen setahun terakhir.

Reksa Dana Mega Dana Kas mendapatkan skor tertinggi di peringkat keempat berdasarkan penilaian ketiga indikator tersebut dengan skor 2,01. Begitulah empat produk reksa dana pasar uang yang sedang populer.

Catatan Penting

Sebagai catatan buat kamu, bagi investor maupun calon investor yang ingin berinvestasi dengan produk reksa dana pasar uang yang dipaparkan di atas, kamu harus teliti untuk menentukan pilihan. Artikel ini membantu kamu agar tidak kebingungan.

Mengutip dari Bareksa, mereka telah melakukan riset untuk mendapatkan empat produk reksa dana pasar uang tersebut. Analisa ini beradasarkan produk terbaik dengan tiga indikator utama, yaitu imbal hasil (return), nilai sharpe ratio, dan konsistensi return reksa dana dalam mengalahkan indeks acuannya.

Perlu kamu ketahui juga, return dari sebuah reksa dana bisa dilihat dari peningkatan harganya atau biasa disebut nilai aktiva bersih (NAB) per unit. Returs yang semakin tinggi memperlihatkan keuntungan yang diberikan reksa dana untuk investornya.

Metode Shape Ratio

Selanjutnya, metode yang digunakan adalah shape ratio. Ini adalah sebuah metode yang sangat familiar dengan cara mencari return lebih (excess return) yang dihitung dari selisih rata-rata return portofolio dengan return investasi bebas risiko, kemudian dibagi dengan variabilitas (variability) return portofolio yang dihitung dengan standar deviasi.

Semakin tinggi nilai sharpe ratio, menandakan kinerja suatu portofolio semakin baik. Begitupun sebaliknya, semakin rendah nilai sharpe ratio, menandakan kinerja suatu portofolio semakin buruk.

Indikator yang terakhir, yakni konsistensi reksa dana dalam mengalahkan indeks acuannya yang diukur dalam persentase. Sebagai contoh yang kami paparkan, reksa dana pasar uang menggunakan acuan (benchmark) indeks reksadana pasar uang. Semakin sering return reksadana dalam setahun terakhir bisa mengalahkan return indeksnya, semakin tinggi persentasenya.

Bacaan menarik lainnya:

Sharpe, W. F. (1966). Mutual Fund Performance. The Journal of Business. Vol. 39. 119-138.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait