4 Langkah Tepat Untuk Mencapai Tujuan Finansial Anda

Apakah Anda memiliki tujuan keuangan yang membutuhkan biaya besar, sesuatu yang setara dengan setidaknya gaji Anda selama 10 tahun? Ini bisa seperti tujuan pensiun atau mungkin pendidikan tinggi anak Anda. Kita mungkin tidak benar-benar berpikir mengenai hal ini di awal karier kita, tetapi di suatu kondisi, 5-10 tahun setelah bekerja, tujuan-tujuan ini kemudian mulai menjadi penting.
Banyak tujuan finansial terpenting dalam hidup kita membutuhkan biaya yang besar. Tujuan-tujuan ini membutuhkan sejumlah besar penghasilan seumur hidup kita serta beberapa tahun hasil dari investasi kita dalam aset yang tepat.
Banyak dari Anda tahu bahwa tujuan seperti itu harus berinvestasi di pasar modal. Hanya ekuitas yang merupakan investasi terbukti yang dapat menumbuhkan tabungan Anda cukup efektif dalam jangka waktu yang lama untuk mencapai tujuan tersebut. Namun, beberapa di antara kita tidak tahu bagaimana cara mencapai tujuan seperti itu ketika kita bahkan tidak yakin tentang kondisi karier kita dan bagaimana prospek ke depannya. Banyak dari kita juga mungkin tidak memiliki perkembangan karier linier dengan pertumbuhan gaji yang stabil. Dalam skenario seperti itu, untuk mencapai tujuan finansial ini tentu memerlukan pendekatan yang sedikit berbeda.
Berikut adalah empat hal yang dapat membantu Anda lebih mudah mencapai tujuan-tujuan Anda yang membutuhkan biaya besar:
# Break it down
Cara cerdas untuk mencapai tujuan finansial besar adalah dengan membaginya menjadi tujuan-tujuan yang lebih kecil yang dapat Anda capai dalam jangka waktu yang jauh lebih pendek tergantung pada keadaan keuangan Anda sekarang. Saran untuk Anda adalah dengan membuat kemajuan nyata yang dapat Anda lacak secara disiplin yang kemudian tujuan Anda yang lebih besar tentu juga akan tercapai. Manfaatnya adalah tujuan yang besar tersebut sekarang menjadi tujuan kecil yang jauh lebih bisa dicapai
# Memiliki jangka waktu yang pasti dengan adanya fleksibilitas
Selain memiliki tujuan yang lebih kecil yang membentuk tujuan Anda yang lebih besar, hal penting lainnya adalah menentukan jangka waktu yang pasti untuk tujuan tersebut. Misalnya, jika tujuan Anda adalah menghemat 1 juta rupiah, maka tergantung pada kapasitas tabungan Anda, Anda dapat memutuskan berapa lama Anda bisa mencapai hal tersebut. Ini juga akan berdampak pada produk investasi yang Anda pilih, seperti pasar modal atau obligasi. Jika Anda memiliki jumlah yang lebih kecil untuk ditabung, Anda dapat memilih produk pasar modal. Manfaatnya adalah Anda mengetahui berapa lama Anda perlu menabung dan berinvestasi dan di mana harus berinvestasi.
# Pilih Produk Investasi yang tepat
Tujuan finansial tersebut menentukan produk investasi atau lebih tepatnya kelas aset yang diinvestasikan. Untuk tujuan yang secara kolektif membutuhkan lebih banyak uang dan waktu, lebih baik berinvestasi dalam reksa dana saham daripada instrumen berbasis utang. Sebaliknya, jika tujuan Anda hanya beberapa tahun lagi maka lebih baik menggunakan instrumen volatilitas rendah seperti pasar uang. Manfaatnya adalah investasi yang tepat dapat memastikan Anda mencapai tujuan tepat waktu dan mencapai jumlah yang diperlukan sepenuhnya.
# Celah untuk Ketidakpastian
Investor handal selalu meninggalkan ruang untuk keberuntungan dan ketidakpastian dalam perencanaan mereka. Tidak peduli betapa hebatnya perencanaan dan proses Anda, semakin lama jangka waktu investasi, semakin besar kemungkinan peristiwa yang tidak terduga mempengaruhi rencana Anda.
Artinya, tujuan finansial besar Anda memerlukan alasan yang masuk akal baik dari segi waktu maupun uang. Misalnya, jika suatu tujuan membutuhkan 15 tahun untuk mencapai sesuai dengan rencana keuangan, apa yang Anda perlu rencanakan mungkin 17 tahun untuk memberikan ruang di tahun pada kondisi pasar yang buruk, jika Anda berinvestasi dalam ekuitas.
Demikian pula, jika target Anda adalah 1 Miliar Rupiah, Anda mungkin harus mengumpulkan 1.3 Miliar dalam perencanaan Anda, dengan 300 juta bertindak sebagai ruang jika terjadi peristiwa pasar yang tidak terduga atau tidak sesuai harapan. Manfaatnya adalah apabila sesuatu terjadi tidak sesuai harapan, Anda tidak perlu merasa cemas
Share to :
Artikel Terkait
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com