4 Kisah Sukses Pengusaha Indonesia yang Inspiratif

kisah sukses pengusaha indonesia
kisah sukses pengusaha indonesia

Inilah empat kisah sukses pengusaha Indonesia yang berhasil mengembangkan usaha mereka sehingga bisa memberikan inspirasi bagi orang banyak hingga hari ini. Simak ulasan yang telah dihimpun oleh redaksi Ajaib ini, ya.

Menjadi seorang pengusaha sukses sudah pasti jadi cita-cita semua orang, apalagi yang sudah terjun ke dunia wirausaha. Mereka bisa terjun ke dunia wirausaha pasti berkat kisah sukses pengusaha yang menginspirasi.

Sudah banyak sekali tokoh-tokoh yang memiliki kisah sukses sebagai pengusaha di mana mereka harus mulai dari nol dan harus melewati banyak rintangan dan jalan panjang yang berliku hingga akhirnya meraih kesuksesan. Sudah tentu hal itu sangat baik untuk menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang, khususnya bagi kamu yang sedang berniat untuk terjun langsung ke dunia wirausaha.

Berikut ini empat kisah sukses pengusaha Indonesia yang menginspirasi banyak orang, baik itu kalangan muda, tua, pebisnis lama, maupun pebisnis baru.

Bob Sadino

Nama Bob Sadino sudah pasti tidak asing ditelinga masyarakat Indonesia, apalagi bagi para pengusaha. Mendiang pengusaha dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino ini adalah salah satu pengusaha sukses yang mengalami jatuh-bangun sebelum akhirnya mampu meraih kesuksesan yang besar. Setelah sekitar sembilan tahun menjadi pegawai, Bob memutuskan untuk berhenti dan menjadi seorang pengusaha.

Usaha pertama yang dibangun oleh Bob Sadino bergerak di bidang transportasi, yakni bisnis penyewaan mobil. Hanya dengan modal satu mobil mercedes yang ia setir sendiri. Namun, karena kecelakaan yang menimpanya saat mengemudi mobil tersebut, bisnis itupun akhirnya harus berhenti di tengah jalan.

Tak putus semangat, ia kemudian beralih profesi menjadi seorang buruh bangunan yang dibayar dengan upah harian. Saat menjadi kuli itulah ia melihat ada peluang bisnis lain, yakni bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri.

Dengan modal awal yang didapatkan dari hasil pinjaman kepada tetangganya, akhirnya beliau memulai bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri. Awalnya, Bob sendiri yang menawarkan dagangannya dari rumah ke rumah di wilayah sekitar tempat tinggalnya, terutama kepada para ekspatriat yang tinggal di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

Hingga akhirnya kerja keras di bisnis telurnya berbuah manis dan ia berhasil mengembangkan sayap bisnisnya dengan menjual daging dan sayuran hidroponik. Berkat keuletannya, bisnis itu sukses dan ia pun mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian. Meski sudah meraih kesuksesan, ia tetap tampil sederhana dan tidak segan melayani sendiri para pelanggannya.

Susi Pudjiastuti

Perempuan kelahiran 1965 adalah kisah sukses pengusaha Indonesia yang selanjutnya. Mantan Menteri Kelautan dan Perikan RI ini merintis bisnisnya di bidang perikanan dan kemudian maskapai penerbangan dari nol.

Susi memulai usahanya sebagai pedagang pakaian dan bedcover setelah memilih berhenti sekolah sebelum lulus SMA. Setelah ia melihat potensi wilayah tempat tinggalnya, Pangandaran, sebagai penghasil ikan, ia lantas memanfaatkan sebagai peluang bisnis dan beralih ke usaha perikanan. Dengan hanya modal Rp 750 ribu hasil dari menjual perhiasannya, ia mulai membeli ikan dari tempat pelelangan dan memasarkannya ke sejumlah restoran.

Setelah sempat tersendat, akhirnya bisnis Susi berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran dan bahkan mampu merambah ke ekspor ikan dan lobster. Adapun untuk bisnis maskapai penerbangan juga berawal dari bisnis perikanan.

Untuk mengatasi masalah pengiriman ikan yang lambat jika lewat darat atau laut, Susi akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah pesawat dari pinjaman bank untuk mengangkut produk lautnya yang kemudian berkembang menjadi armada maskapai penerbangan Susi Air yang melayani rute pedalaman dan juga carter.

Sunny Kamengmau

Bagi yang pernah mendengar nama tas tangan dengan merek Robita, pasti sedikit tahu tentang Sunny Kamengmau. Sunny Kamengmau ini merupakan orang yang berada di balik produksi tas merek Robita ini. Tas Robita ini begitu populer di Jepang bahkan menjadi idaman oleh semua kalangan sosialitas di sana.

Siapa sangka, pemuda asal Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tidak pernah lulus SMA itu akhirnya bisa menjadi pengusaha sukses yang dapat memberikan inspirasi bagi siapapun yang mendengar kisahnya.

Sunny sendiri mengawali bisnisnya dengan modal nekat. Setelah meninggalkan kampung halamannya dan merantau ke Bali, ia bekerja sebagai tukang sapu untuk sebuah hotel. Selang beberapa lama ia akhirnya diangkat menjadi satpam karena memiliki etos kerja yang bagus. Selama itu, ia juga memanfaatkan waktunya untuk belajar bahasa Inggris dan bahasa Jepang.

Gaji pertama yang ia dapatkan disisihkan untuk membeli kamus dua bahasa asing dan mempelajarinya dengan tekun. Keberuntungan memang sepertinya sedang berpihak kepadanya, karena sejak awal ia dipekerjakan di hotel itu, ia bisa berkenalan dengan seorang pengusaha asal Jepang yang kemudian memintanya untuk memasuk tas kulit ke negaranya.

Awalnya sempat terseok untuk beberapa lama, bahkan hampir kehilangan semua penjahit tas yang bekerja untuknya. Untung saja Sunny perlahan bisa bangkit dan bisnis tasnya itu kian diperkokoh hingga mampu memiliki 100 orang karyawan.

Yasa Singgih

Terlahir dari keluarga biasa-biasa saja, Yasa Singgih memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis sejak usah masih 15 tahun. Saat itu, setelah ayahnya terkena serangan jantung dan harus dioperasi, ia mulai mencari uang sendiri dengan menjadi pembawa acara dalam berbagai acara seperti ulang tahun dan konser musik.

Selain itu, ia juga mulai berbisnis online dengan menjual lampu hias, namun tidak bertahan lama karena persoalan pemasok.

Hingga setahun kemudian, ia beralih ke bisnis fashion. Sempat jatuh bangun dan diremehkan oleh banyak orang hingga mengalami rugi ratusan juta rupiah dari berbagai bisnis, akhirnya ia berhasil membangun brand pakaian sendiri dengan nama Mens Republic.

Selain itu, ia juga mengelola konsultasi manajemen bernama MS Consulting serta kompleks perumahan dalam bentuk kavling tanah di daerah Bogor.

Itulah kisah sukses yang bisa menginspirasi kamu untuk memulai usaha dan menjadi seorang pengusaha yang sukses. Memang untuk menjadi pengusaha yang sukses tidak bisa secara instan, pasti akan melewati banyak rintangan dan jalan berliku.

Namun, selama kamu menerapkan rasa tidak putus asa dan tidak menyerah, maka menjadi pengusaha yang sukses bukanlah hanya mimpi lagi. Semoga kamu bisa menjadi pengusaha yang sukses seperti beberapa orang di atas ya.

Bacaan menarik lainnya:

Sugiyono. (2001). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait