4 Cara Meningkatkan Tabungan Anda

Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk rajin menabung. Pasalnya, semakin dewasa kebiasaan menabung semakin susah diterapkan. Biaya hidup yang semakin tinggi kadang membuat pendapatan kita pas-pasan untuk hidup sehari-hari. Lebih lagi dengan adanya godaan untuk membeli smartphone terbaru, berlibur ke Bali atau sekedar minum kopi di kafe yang sedang populer.

Prinsip dasar menabung adalah habiskan uang lebih sedikit dari pendapatan dan simpanlah selisihnya. Prinsip ini bisa berubah tergantung seberapa banyak yang Anda hasilkan, tanggung jawab keuangan dan gaya hidup Anda. Jika Anda perlu mengirim uang untuk anggota keluarga atau jika Anda menyewa apartemen mewah, kemampuan Anda untuk menabung mungkin akan berkurang.

Mari kita lihat bagaimana Anda dapat memotong pengeluaran dari anggaran untuk meningkatkan tabungan Anda.

# Buat Anggaran Anda

Langkah pertama yang harus Anda buat adalah mengevaluasi anggaran Anda. Jika Anda belum membuatnya, buatlah sekarang. Anda bisa menggunakan Excel untuk menghitung pendapatan dan memanfaatkan aplikasi di smartphone Anda untuk melacak pengeluaran Anda.

Buatlah daftar bagaimana Anda menghabiskan uang Anda, mulai dari biaya sewa tempat tinggal Anda, makan sehari-hari, termasuk uang rokok dan parkir. Setelah Anda punya cukup informasi, Anda sudah siap untuk menentukan apa yang harus Anda coret dari anggaran Anda.

# Pisahkan Kebutuhan dan Keinginan

Langkah kedua adalah menentukan mana yang benar-benar Anda butuhkan dan mana yang hanya sebatas keinginan.

Biaya seperti tempat tinggal, makanan, transportasi dan utilitas adalah biaya dasar yang memang dibutuhkan. Sementara biaya seperti menonton bioskop, membeli baju baru, makan di restoran atau kafe atau travelling adalah hal-hal yang bersifat keinginan.

Jika Anda menggunakan Excel, tandai apa saja yang jadi kebutuhan dan keinginan. Pisahkanlah dengan jelas apa yang Anda butuhkan untuk hidup sehari-hari dan mana yang Anda habiskan hanya untuk menyenangkan diri Anda sendiri.

Jika Anda membutuhkan uang lebih banyak dari pendapatan Anda, hapuslah daftar keinginan Anda sebanyak mungkin. Ini menang membutuhkan tekad dan komitmen, namun cara yang pasti untuk meningkatkan uang Anda secara langsung. Berhati-hatilah dengan pengeluaran kecil. Keretakan kecil pun dapat menenggelamkan kapal besar.

# Ubah Gaya Hidup Anda

Jika Anda ingin menerapkan perubahan gaya hidup yang bisa mengurangi uang bulanan Anda secara permanen, Anda perlu memeriksa setiap baris di dalam Anggaran Anda dengan cermat.

Ada banyak biaya yang dapat dengan mudah dikeluarkan. Misalnya, jika Anda berbelanja lebih cerdas, Anda dapat menghabiskan lebih sedikit untuk makanan dengan membeli merek-merek yang harganya lebih murah. Membeli dalam jumlah besar, mengurangi pembelian daging dan makanan kemasan juga merupakan cara lain untuk memotong biaya belanja Anda.

Biaya lain yang bisa Anda potong adalah biaya tagihan utilitas. Contohnya adalah dengan menggunakan lampu bohlam dan peralatan yang hemat energi. Biaya sewa juga bisa Anda kurangi dengan mencari tempat tinggal yang lebih murah. Jika Anda tinggal di rumah sendiri, pertimbangkanlah untuk menyewakan kamar kosong Anda untuk uang tambahan.

Dari daftar keinginan Anda, cobalah untuk menerapkan versi lebih murah dari hal-hal favorit Anda. Misalnya, jika Anda adalah seorang pecinta film, Anda dapat berhemat dengan cara meminjam CD dari teman Anda. Jika makan di luar adalah kelemahan Anda, cobalah untuk menciptakan resep favorit Anda di rumah atau beralih ke restoran yang lebih murah.

Berkreasilah dengan anggaran dan gaya hidup Anda. Andalah yang paling mengenal diri Anda jadi kurangilah pengeluaran Anda sebanyak mungkin.

# Naikkan Pendapatan Anda

Jika Anda sudah tidak bisa lagi memangkas pengeluaran Anda atau Anda tidak mampu mencoret beberapa keinginan Anda, Anda bisa menambahkan alur kas masuk dengan meningkatkan pendapatan Anda.

  • Mintalah Kenaikan Gaji

Cara paling mudah untuk meningkatkan pemasukan Anda adalah meminta kenaikan gaji. Jika Anda adalah karyawan kantoran, kumpulkanlah data dan argumen mengapa Anda layak mendapat kompensasi yang lebih baik. Lihatlah setengah tahun terakhir apa saja yang sudah Anda capai.

Apakah Anda mendapatkan klien besar? Berhasil menaikkan jumlah pengunjung di websiteperusahaan Anda selama tiga bulan berturut-turut? Menjual paling banyak di departemen Anda? Semua hal di atas bisa Anda gunakan untuk meminta kenaikan gaji. Kumpulkan informasi tersebut dan simpan dalam file untuk berargumen dengan atasan Anda.

Selain itu, mulailah melakukan riset pasar tentang posisi Anda. Anda harus tahu berapa banyak gaji orang yang berada di posisi yang sama dengan Anda dapatkan di kota Anda dan seluruh negeri. Gabungkan ini dengan pencapaian pribadi Anda untuk meminta kenaikan gaji dalam reviewtahunan Anda.

  • Tingkatkan Tarif Freelance Anda

Jika Anda adalah seorang pekerja lepas atau pekerja kontrak, Anda juga harus menaikkan tarif Anda. Sebagai pekerja lepas, penting untuk tetap mengikuti laju inflasi dan tarif pajak yang semakin tinggi.

Anda bisa fokus dengan hal-hal yang Anda bisa berikan pada klien Anda. Jika Anda memiliki pengikut media sosial yang besar dan Anda tahu bahwa nama Anda di situs web klien sangat krusial, gunakan itu untuk menjelaskan mengapa tarif Anda meningkat. Jika Anda menawarkan layanan dan manfaat baru, kualitas yang lebih baik atau lebih banyak waktu Anda untuk klien, semua hal di atas adalah alasan untuk menaikkan tarif Anda.

Jika mereka ingin mempertahankan Anda, mereka akan membayar tarif Anda yang meningkat. Jika tidak, Anda dapat menemukan klien baru dengan tarif lebih tinggi.

  • Ambil Pekerjaan Tambahan

Selain meminta kenaikan gaji selalu ada opsi untuk mengambil pekerjaan tambahan. Mendapatkan lebih banyak uang dengan menambah pekerjaan Anda memang banyak memakan waktu, tetapi dapat membuat perbedaan besar pada anggaran Anda.

Ambillah pekerjaan yang sejalan dengan tujuan karir Anda. Jika Anda bekerja di bidang teknologi, keterampilan Anda tidak akan bertambah jika Anda mengambil pekerjaan tambahan sebagai seorang koki di restoran. Akan lebih sesuai jika Anda mengambil pekerjaan desain freelance, codingatau proyek yang berbau IT. Anda pun dapat memasukkan pekerjaan freelance tersebut di resume Anda sebagai nilai tambah.

Jika Anda seorang guru, bukalah kursus atau bekerja dengan perusahaan yang menyelenggarakan acara pendidikan. Anda juga dapat menggunakan hobi Anda untuk mendapatkan uang tambahan. Misalnya untuk Anda yang suka membuat kerajinan tangan, Anda bisa menjual hasil kreasi Anda di internet.

Temukan pekerjaan yang menarik bagi Anda serta menggerakkan Anda lebih jauh dalam karier Anda.

Sangat mudah untuk menemukan lebih banyak uang dalam anggaran setelah Anda tahu di mana mencarinya. Dengan mengambil empat langkah ini, Anda mungkin akan terkejut setelah mengetahui berapa banyak uang ekstra yang bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan tabungan Anda.

Share to :
Tags: , ,
Artikel Terkait