3 Makanan Khas Sumatera Utara, Kuliner Asli Suku Batak

Makanan Khas Sumatera Utara

Suku Batak adalah salah satu suku asal Sumatera Utara, yang paling gampang dikenali di Indonesia karena logat bicaranya. Meski tidak hanya suku Batak saja yang berasal dari sana, namun suku Batak identik dengan Sumatera Utara. Sumatera Utara memiliki banyak peninggalan budaya yang diwariskan nenek moyang. Makanan khas Sumatera Utara, salah satu warisan budaya yang kita rasakan.

Makanan khas Sumatera Utara, khususnya Batak, terkenal karena memiliki bumbu yang kuat. Kelezatannya pun tak kalah dari suku di Sumatera lainnya, meski memang belum sepopuler nasi padang.

Pilihannya pun beragam mulai dari ikan, daging, sayur-sayuran, hingga olahan mi. Kekayaan kuliner ini bisa jadi peluang usaha jika kamu pandai memasak masakan Batak. Dengan banyaknya orang Batak tersebar pasti peminatnya cukup tinggi.

Berikut ini adalah daftar makanan khas Sumatera Utara yang mungkin saja bisa jadi ide usaha kulinermu.

1. Arsik

Makanan yang pertama dalam daftar ini adalah arsik, berupa ikan masak bumbu kuning. Sebenarnya arsik dimasak dengan ikan mas dari Danau Toba, namun kamu bisa berkreasi dengan ikan mas atau ikan lainnya. Bumbu khasnya adalah andaliman, lokio, dan buah kecombrang ditambah bumbu dapur komplet.

Meskipun sedikit sulit namun berbagai bumbu tersebut sekarang sudah lebih mudah didapatkan di supermarket kok. Bumbu dan ikan kemudian dimasak dengan api kecil hingga airnya mengering dan siap disantap.

2. Mie Gomak

Makanan berupa mi kuning ini biasa disantap sebagai sarapan pagi. Ada banyak pilihan variasi makanan ini mulai dari kering, berkuah, hingga dengan bumbu kacang. Mie berbentuk bulat panjang seperti spageti ini dimasak dan diberikan kerupuk, taburan sayuran, dan telur.

Perpaduannya menghasilkan rasa gurih, pedas, sekaligus asam yang menyegarkan. Rasanya yang menyegarkan ini sudah jadi jaminan jualanmu laku keras. Bukan hanya dibeli orang Batak saja namun juga semua kalangan.

3. Saksang

Saksang adalah makanan berupa daging babi yang dimasak beserta darahnya. Kombinasi ini kemudian dicampur dengan bumbu khas dan kelapa yang sangrai. Kombinasi ini menjadikan masakan ini lezat, karena rasa pedas dan gurihnya.

Kuliner dengan bahan daging babi kini semakin diminati oleh masyarakat sehingga potensial untuk lahan bisnis. Hal ini karena gaya hidup dan pola pikir yang semakin dinamis. Kalau ingin varian yang lebih aman, kamu bisa mengganti bahan bakunya dengan daging ayam, sapi atau kambing.

Berbisnis bisa menjadi alternatif untuk menambah pemasukan. Bisnis kuliner juga relatif aman untuk dijajal, karena minat konsumsi masyarakat Indonesia cukup tinggi. Apalagi jika makanan yang kamu tawarkan unik dan lain dari biasanya. Berjualan makanan khas daerah tertentu seringkali jadi kesempatan menghasilkan uang asal digarap dengan tepat.

Selain berbisnis, alternatif lain untuk menambah pemasukan yaitu dengan berinvestasi. Investasi saat ini juga lebih ramah karena bisa dimulai dengan modal kecil. Hal ini berbeda dengan berbisnis ketika kamu harus menyiapkan modal dan risiko bangkrut yang cukup tinggi jika bisnismu macet.

Investasi seperti reksa dana merupakan investasi aman, karena kamu memercayakan uangmu pada manajer investasi untuk dikelola. Sampai kurun waktu tertentu nanti akan ada keuntungan yang akan kamu terima.

Investasi pertamamu bisa dilakukan dengan Ajaib semudah memberi likes di sosmed. Kamu bisa berinvestasi di 30 perusahaan terbesar di Indonesia hanya dengan satu sentuhan di layar smartphone. Tentunya berinvestasi di perusahaan yang ternama memberikan jaminan keamanan dan keuntungan yang lebih tinggi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait