Saham

3 Aplikasi Saham di OJK ini membuat Investasimu Makin Aman

aplikasi saham di OJK

Ajaib.co.id – Ada begitu banyak aplikasi saham di OJK. Namun, tentunya, ada beberapa aplikasi saham di OJK yang lebih direkomendasikan untuk kamu pakai agar aman dan menyenangkan. Apa saja aplikasi saham di OJK tersebut?

Investasi menjadi marak di kalangan kaum milenial belakangan ini. Dengan meningkatnya kesadaran anak muda untuk menyiapkan diri dalam menghadapi masa depan, minat investasi pun menjadi semakin tinggi. Hal ini tentu menjadi peluang untuk perusahaan sekuritas dalam menggaet nasabahnya.

Namun kamu sebagai calon investor harus berhati-hati karena semakin besarnya peluang ini maka semakin menjamur pula penipuan yang mengatasnamakan investasi. Di sinilah pentingnya cermat dalam memilih perusahaan sekuritas. Lalu, bagaimana cara agar bisa memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya?

Cek Kepemilikan Izin Beroperasi dari OJK

Salah satu cara yang paling aman dalam memilih perusahaan sekuritas adalah dengan cek izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan adanya kepemilikan izin OJK oleh perusahaan sekuritas maka menandakan bahwa perusahaan sekuritas tersebut aman untuk beroperasi dan mengelola dana saham.

Dengan ini, kamu bisa menggunakan jasa perusahaan sekuritas tersebut dengan aman. Pastikan bahwa nama perusahaan tersebut terdaftar di OJK. Jangan sampai perusahaan hanya mengaku bahwa mereka memiliki izin OJK tetapi sebenarnya hanya bualan saja. Kamu bisa cek daftar perusahaan sekuritas yang telah mengantongi izin OJK di sini.

Besaran Biaya Transaksi

Kamu juga bisa menentukan perusahaan sekuritas yang akan dipilih dengan melihat biaya operasional yang dibebankan ke nasabah setiap kali bertransaksi di pasar modal. Rata-rata perusahaan sekuritas membebankan biaya transaksi sekitar 0,15% hingga 0,35%.

Investor pemula dari kaum milenial seperti kamu bisa mulai bermain di pasar modal dengan memilih perusahaan sekuritas yang membebankan nasabah dengan biaya yang rendah. Dengan ini, kamu bisa mengalokasikan dana yang ada untuk modal saham bukan untuk biaya transaksi.

Layanan dan Fasilitas

Selain legalitas dan biaya, kamu juga bisa memilih perusahaan sekuritas yang mampu melayani kamu untuk melakukan analisis fundamental secara lengkap. Beberapa perusahaan sekuritas bahkan memfasilitasi konsultasi serta training yang membantu kamu untuk bisa lebih handal lagi dalam melakukan transaksi saham di pasar modal.

Akan sangat disayangkan jika kamu memilih perusahaan sekuritas yang tidak menyediakan fasilitas seperti ini. Demi mengikuti gaya hidup kaum milenial, beberapa perusahaan tersebut juga merilis aplikasi investasi saham, lho!

Dengan ini, kamu bisa mengakses akun investasimu di mana saja dan kapan saja. Kegiatan memantau pergerakan saham pun menjadi mudah untuk dilakukan karena semua bisa diakses dalam genggamanmu. Berikut tiga aplikasi saham di OJK yang terbukti aman dan menyenangkan.

Ajaib

Ajaib merupakan aplikasi investasi saham yang telah terdaftar di OJK. Aplikasi yang satu ini memungkinkanmu untuk melakukan transaksi jual beli saham di manapun dan kapan pun.

Ajaib juga sangat memahami penggunanya yang masih pemula sehingga tampilan serta bahasa yang digunakan dalam aplikasi sangat mudah dipahami. Keunggulan inilah yang membuat Ajaib diminati banyak investor saham, termasuk kaum milenial yang masih pemula.

Kamu juga bisa mulai membuka rekening saham melalui aplikasi. Ajaib menyediakan fasilitas untuk kamu memulai investasi saham hingga benar-benar bermain di dalam pasar modal. Pilihan saham yang disediakan pun cukup beragam dan dana investasimu juga akan dikelola oleh manajer investasi yang terpercaya.

Tidak hanya untuk memantau pergerakan saham, aplikasi yang satu ini juga menyediakan info terkini dan edukasi mengenai saham melalui blog.

RTI Business

RTI Business adalah salah satu aplikasi investasi saham yang terdaftar di OJK yang paling sering direkomendasikan untuk para investor saham. Aplikasi ini memang memiliki fasilitas untuk melakukan analisis lebih lanjut terkait saham, termasuk melihat balance sheet, cash flow, income statement, profitability, earnings hingga growth rekening saham kamu.

RTI Business juga menyediakan data dan informasi terbaru dari Bursa Efek Indonesia (BEI) secara realtime. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengetahui setiap detail transaksi saham yang kamu lakukan, mulai dari pencatatan hari dan tanggal hingga histori pergerakan saham tersebut.

Pengguna RTI Business juga bisa melihat jadwal perusahaan yang menjual saham, seperti RUPS, IPO, dan informasi terkait perusahaan lainnya yang berguna untuk merancang strategi saham kamu. Dengan fasilitas yang disediakan ini, maka RTI Business benar-benar menjadi aplikasi investasi saham yang terdaftar di OJK disarankan untuk para investor yang sudah lama berkecimpung di pasar modal.

Para investor pemula boleh saja menggunakan aplikasi investasi saham yang terdaftar di OJK ini tetapi akan banyak istilah asing yang harus dipelajari secara khusus.

Stockbit

Aplikasi investasi saham yang terdaftar di OJK yang satu ini juga populer di kalangan investor. Sebagai wadah untuk berdiskusi mengenai investasi, Stockbit adalah aplikasi yang paling unggul. Stockbit juga telah menciptakan komunitas-komunitas saham yang muncul karena adanya kolom diskusi yang disediakan.

Namun tidak hanya itu, Stockbit juga menyediakan sarana untuk melakukan transaksi saham secara langsung. Kamu bisa jual-beli saham hanya melalui genggamanmu saja.

Aplikasi investasi saham yang terdaftar di OJK ini juga menyediakan demo trading untuk kamu yang masih ingin belajar dalam bermain saham. Fitur ini bernama virtual trading di mana kamu bisa memantau pergerakan data bursa saham Indonesia secara realtime.

Setelah belajar, kamu bisa langsung mulai bertransaksi sesungguhnya. Stockbit terkoneksi dengan rekening saham di bawah naungan PT Sinarmas Sekuritas sehingga kamu harus memiliki rekening di perusahaan sekuritas ini untuk bisa melakukan transaksi di pasar modal.

Apakah kamu masih ragu untuk bertransaksi? Kamu bisa mulai secara perlahan untuk mempelajari pasar modal. Kamu juga bisa menggunakan fasilitas yang disediakan beberapa aplikasi investasi saham yang terdaftar di OJK seperti demo trading. Dengan ini, kamu tidak akan kaget ketika benar-benar bermain di pasar modal. Kamu juga semakin terlatih untuk mengatur strategi dalam bermain saham. Selamat belajar dan berinvestasi!

Artikel Terkait