Dunia Kerja

12 Tips Cara Dapat Kerja dan Diterima di Perusahaan Impian

cara dapat kerja

Ajaib.co.id – Apakah kamu sudah tidak sabar untuk mendapatkan pekerjaan? Apakah kamu mengalami kesulitan mencari kerja dan mulai merasa kecil hati? Ada beberapa tips bermanfaat sebagai bagian dari cara dapat kerja yang dapat kamu lakukan yang akan mempercepat proses perekrutan.

Berikut adalah 12 tips yang harus kamu ketahui tentang cara dapat kerja yang akan membantu kamu menemukan pekerjaan dengan cepat. Beberapa tips dalam daftar adalah hal-hal kecil yang bisa membuat perbedaan untuk urusan perekrutan. 

1. Hemat Waktu Mencari Pekerjaan dengan Menggunakan Opsi Pencarian di Pengaturan Lanjutan

Semua situs cari kerja, seperti Job Street, Glints, dan situs-situs cari kerja lainnya, memiliki opsi “Pengaturan Lanjutan” di mana kamu dapat mencari informasi lowongan kerja berdasarkan kata kunci, lokasi, radius suatu lokasi, jabatan pekerjaan, perusahaan, jenis pekerjaan, tanggal posting, dan opsi lainnya. 

Manfaatkan pengaturan tersebut untuk memangkas waktu pencarian kerja yang sesuai dengan kriteria yang kamu miliki.

2. Cari — dan Lamar— ke Pekerjaan yang Layak Untuk kamu

Melamar setiap pekerjaan yang kamu temukan tidak selalu merupakan ide yang baik. Itu tidak efisien. Sebaliknya, cari pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi kamu. Dengan begitu, kamu akan memiliki kesempatan lebih baik agar dipilih untuk melakukan wawancara. 

Mengirim resume dan surat pengantar acak hanya akan membuang-buang waktu. Sebelum kamu mulai mencari pekerjaan, luangkan waktu untuk memutuskan jenis pekerjaan apa yang kamu cari.

Lebih baik lagi, buat daftar target perusahaan tempat kamu ingin bekerja dan lakukan yang terbaik untuk membuat mereka memperhatikan kamu. Itu bisa jadi salah satu cara cepat untuk mendapatkan pekerjaan.

3. Jangan Berhenti Melamar Pekerjaan Saat Kamu Menunggu Kabar Kembali Dari Perusahaan Yang Pernah Kamu Lamar

Hasil yang paling memungkinan adalah bahwa kamu akan mendapatkan banyak penolakan sebelum kamu mendapatkan pekerjaan. Alih-alih berkecil hati, belajarlah dari kesalahan kamu dan terus melamar sampai kamu mendapatkan penawaran yang tepat. 

Menunggu untuk mendengar hasil dari aplikasi atau wawancara kamu, hanya akan memperpanjang waktu pencarian kerja kamu. 

4. Buat Surat Pengantar Tertentu untuk Membantu Resume Kamu Diketahui

Kamu hanya memiliki beberapa detik untuk mengesankan manajer perekrutan yang cukup untuk memilih kamu untuk wawancara. Seorang manajer perekrutan (HRD) ingin melihat apa yang dapat kamu lakukan untuk perusahaan, yang bisa kamu tulis dalam paragraf pertama surat pengantar kamu. 

5. Tingkatkan Level Resume Kamu Saat Melamar

Bukan hanya surat pengantar kamu. Resume kamu harus diedit dan diubah, jadi sedekat mungkin dengan pekerjaan. Kalau tidak, itu mungkin tidak akan diambil atau dilihat oleh karyawan HRD, yang digunakan perusahaan untuk menyaring resume atau perekrut yang meninjaunya.

Jangan memberikan resume yang memiliki tata letak bagus namun tidak memiliki isi apa-apa yang berkaitan dengan perusahaan, pelajari perusahaan sebelum kamu melamar, dan cocokkan resume kamu dengan perusahaan.

6. Kamu Tidak Perlu Menyertakan Semua Pengalaman di Resume

Beberapa pencari kerja menempatkan puluhan tahun pengalaman kerja pada resume mereka. Sayangnya, itu tidak akan mengesankan siapa pun. Ini semuanya tergantung pada perekrut pekerjaan, jika terlalu banyak memperoleh informasi, dan mungkin terlalu banyak pengalaman akan membuat perekrut semakin tidak berminat dengan resume-mu, ini berlaku untuk sebagian besar lowongan pekerjaan.

7. Sertakan Lebih Dari Pekerjaan Penuh Waktu di Resume kamu

Jika kamu tidak memiliki pekerjaan, kamu tidak ingin resume kamu terlihat seperti kamu belum melakukan apa pun sejak kamu diberhentikan. Ada hal-hal lain selain riwayat pekerjaan kamu yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan resume kamu.

Apakah kamu pernah mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan? Atau pekerjaan sampingan yang sangat berkesan untukmu dan sesuai dengan lamaran yang kamu pilih? Sertakan! Jangan jadikan pengalaman hanya tentang pekerjaan penuh waktu yang kamu lakukan.

8. Berpakaian Seperti Manajer atau Orang yang Berhasil dalam Profesi kamu

Mungkin penampilan seharusnya tidak terlalu penting, tetapi nyatanya dalam dunia pekerjaan itu memang penting. Beberapa menit pertama wawancara adalah saat kamu mendapatkan kesan pertama yang kritis itu. Pastikan kamu berpakaian sesuai dengan jenis pekerjaan dan perusahaan tempat kamu melamar. 

9. Jadilah Diri Sendiri di Wawancara

Ini adalah cara dapat kerja yang penting. Jawaban yang terdengar berlebihan, senyum palsu, dan mengatakan apa yang menurut kamu ingin didengar pewawancara alih-alih akan membuat pewawancara lebih tidak ingin merekrut dan ingin segera mengakhiri wawancara kerja.

Perusahaan ingin tahu siapa yang mereka pekerjakan, dan itulah orang yang mereka harapkan muncul di hari pertama kerja. Jika kandidat sudah tidak menjadi dirinya sendiri saat wawancara, maka dia tidak akan bisa jujur dalam pekerjaannya nanti.

10. Jangan Pernah Berkata Buruk Tentang Pemberi Pekerjaan Sebelumnya

Salah satu kesalahan wawancara yang paling umum adalah menjelek-jelekkan bos atau rekan kerja kamu. Hal pertama yang akan ditanyakan pewawancara adalah apa yang akan kamu katakan tentang perusahaan mereka ketika kamu pindah.

Hindari untuk berkata buruk tentang pekerjaan lama, bahkan alihkan pikiranmu tentang hal-hal negatif ke hal-hal positif. Seperti, apa yang kamu dapatkan selama bekerja di pekerjaan sebelumnya dan suasana apa yang membuatmu semangat bekerja di pekerjaan sebelumnya.

11. Perhatikan Detail

Berburu pekerjaan bisa terasa seolah-olah kamu sedang bermain permainan multitasking untuk mencoba mengikutinya dan segera memenangkan permainan. Ada begitu banyak yang perlu kamu perhatikan ketika kamu ingin mengesankan calon bos.

Cobalah untuk memperhatikan detail perusahaan yang penting, termasuk arti nama perusahaan, sejak kapan perusahaan berdiri, dan visi misi yang dimiliki perusahaan. Semua ini bisa kamu cari melalui internet.

12. Selalu Baca Ulang Sebelum Menekan “Kirim”

Sebelum kamu mengirimkan aplikasi secara online atau mengirim email surat lamaran kerja atau surat lamaran, pastikan untuk membaca dengan cermat berulang-ulang untuk mencari kesalahan ketik. Khususnya, periksa apakah kamu mengeja nama perusahaan dan manajer HRD dengan benar.

Jangan terburu-buru, bacalah satu per satu.

Itu adalah dua belas tips untuk cara dapat kerja yang bisa kamu terapkan. Jika ini adalah waktu yang tepat untuk segera mendapatkan pekerjaan, maka yakinlah akan ada salah satu pintu yang terbuka untukmu dari semua perusahaan yang kamu lamar. Semangat!

Artikel Terkait