10 Tips Untuk Berhemat Saat Berlibur

test alt text
Uang sering menjadi pertimbangan utama ketika Anda berencana untuk bepergian. Memutuskan anggaran adalah sesuatu yang sulit dilakukan banyak orang. Namun, ada cara sederhana dan efektif untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan Anda dapat melakukan perjalanan dengan hemat.
# Memulai Dana Liburan
Mulai perencanaan perjalanan Anda dengan membuat dana liburan. Jika Anda serius tentang upaya Anda untuk mendanai perjalanan Anda, jangan mengandalkan dari apa pun yang tersisa di rekening bank Anda ketika tanggal perjalanan Anda tiba. Anda sebaiknya menyiapkan rekening khusus yang dedikasikan untuk dana liburan Anda. Investasi juga akan membuat uang Anda bekerja untuk Anda saat Anda bekerja keras menyiapkan liburan itu.
Selain meningkatkan konsistensi Anda dalam menyiapkan dana liburan, menggunakan akun tunggal juga membantu Anda untuk mempertahankan anggaran selama perjalanan Anda karena cara termudah untuk mengetahui berapa banyak yang Anda habiskan adalah untuk melacak saldo akun perjalanan khusus Anda. Anda dapat mengawasi saldo Anda saat perjalanan Anda berjalan, dan melacak biaya sebenarnya dari perjalanan Anda tanpa terlalu banyak usaha.
# Minimalkan Pengeluaran Tiket Pesawat Anda
Karena tiket pesawat mewakili salah satu aspek terbesar dari biaya perjalanan, menemukan promo penerbangan murah sama pentingnya dengan menemukan destinasi liburan yang tepat. Seperti yang banyak orang ketahui, tarif maskapai akan terus meningkat semakin dekat dengan keberangkatan Anda, tetapi ada titik ketika maskapai mulai menurunkan atau menaikkan tarif berdasarkan permintaan. Jangan menunggu sampai detik terakhir tetapi jangan memesan terlalu jauh. Waktu terbaik untuk memesan penerbangan adalah sekitar 6-8 minggu sebelum keberangkatan atau sekitar tiga bulan sebelum jika Anda pergi ke tujuan selama peak season.
Hari ini semua maskapai penerbangan aktif di media sosial, Anda bisa mengikuti akun mereka. Perusahaan ini sering kali memberikan penawaran untuk anggota buletin mereka sebelum mengumumkannya kepada publik. Anda juga bisa mengikuti program frequent flyer dan mendapatkan mil/poin tersebut.
# Temukan Kupon Promo
Sekarang ini banyak sekali situs dan aplikasi yang ditujukan untuk memudahkan Anda dalam menyiapkan liburan Anda. Sering kali, situs ini memberikan begitu banyak kode promo untuk hotel, tiket pesawat atau bahkan atraksi. Temukan promo-promo ini supaya Anda bisa menghemat biaya lebih banyak.
# Perhatikan Biaya Visa
Beberapa negara tidak memerlukan visa untuk masuk sebagai turis dalam kunjungan jangka pendek dan beberapa negara mengenakan biaya untuk masuk. Cari informasi tentang negara apa yang akan Anda kunjungi dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengurus visa.
# Hindari Kunjungi Tempat Wisata yang Membutuhkan Uang
Tempat-tempat favorit turis dapat menjadi mimpi buruk bagi dompet Anda. Tentu saja, tempat itu biasanya populer karena suatu alasan, tetapi di mana pun tempat yang Anda kunjungi akan memiliki begitu banyak hal menarik untuk dilihat, orang-orang baru dan makanan unik untuk dicoba sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak atau mengantri berjam-jam hanya untuk pergi ke tempat wisata populer yang membutuhkan tiket masuk. Bahkan beberapa destinasi yang tampaknya sedikit terpencil menjadi semakin populer di kalangan turis karena dianggap sebagai permata tersembunyi.
# Penduduk Setempat Tahu Makanan Terbaik Mereka
Banyak turis cenderung memesan makanan yang nyaman bahkan di lokasi yang tidak dekat dengan makanan lokal, seperti memesan makanan Punjabi di sebuah restoran di Chennai. Hanya karena tercantum pada menu tidak berarti itu baik. Selalu minta pelayan untuk hidangan lokal, mereka memberi Anda rasa masakan serta lebih murah.
Gunakan aplikasi peringkat restoran yang dikuratori oleh penduduk setempat, mereka akan membiarkan Anda menemukan permata tersembunyi dengan pengalaman gastronomi terbaik.
# Jangan Lupa Membawa Persediaan Obat
Sangat disarankan untuk menyimpan persediaan obat yang diresepkan karena mungkin tidak tersedia di tempat tujuan liburan Anda atau mungkin harganya dijual sangat mahal. Di lokasi asing, perawatan kesehatan bisa mahal tanpa asuransi lokal dan yang terbaik adalah membawa obat bebas untuk penyakit-penyakit umum. Ingatlah undang-undang setempat tentang obat karena apa yang dijual bebas di Indonesia mungkin merupakan obat terlarang di luar negeri.
# Uang Tunai Atau Kartu Untuk Berbelanja
Wisatawan biasanya menahan diri dari membawa banyak uang untuk diri mereka sendiri dan keputusan itu memang benar. Kartu debit Anda dapat digunakan untuk menarik uang tunai dalam mata uang lokal hampir di mana saja di seluruh dunia. Namun, dengan biaya pengguna 3,5%, disarankan untuk menarik jumlah yang lebih besar jika Anda melakukannya.
Saat berbelanja, gunakan kartu kredit karena lebih mudah untuk membatalkan transaksi jika terjadi masalah dengan vendor sedangkan pengiriman uang kembali ke akun Anda melalui kartu debit mungkin memerlukan waktu.
# Utamakan Pengalaman Dari Suvenir
Alih-alih membawa kembali sebuah koper yang penuh dengan perlengkapan turis, mengapa tidak fokus mengumpulkan kenangan dan pengalaman daripada hal-hal materi. Itu akan membuat perjalanan Anda jauh lebih bahagia, tas Anda jadi lebih ringan, dan dompet Anda jadi jauh lebih tebal. Namun jika Anda ingin membeli sedikit suvenir untuk keluarga Anda, pastikan bahwa suvenir yang Anda beli unik dan tidak mudah tersedia di mana pun. Jika mereka terbuat dari bahan-bahan berharga, yang terbaik adalah jika mereka dibeli di toko-toko yang disetujui pemerintah karena ada kemungkinan penipuan yang lebih kecil dan bahkan harga mereka akan diatur.
# Fleksibel dengan jadwal
Merencanakan liburan dikenal sebagai terapi seperti liburan itu sendiri tetapi dalam upaya untuk membuat rencana liburan yang terbaik, Anda cenderung merencanakan terlalu banyak dan berakhir dengan jadwal padat. Jadilah seorang traveler dan nikmati jalan-jalan yang jarang dilalui wisatawan, dan dapatkan pengalaman saat berjalan.
Cobalah untuk tidak tergoda oleh harga promo penerbangan. Jangan impulsif untuk membeli tiket pesawat saat Anda melihat promo seharga 2 juta untuk tiket pulang-pergi ke Hong Kong. Jangan membeli sebelum Anda melakukan riset mengenai total biaya yang Anda butuhkan untuk seluruh perjalanan Anda. Terkadang lebih baik membayar sedikit lebih untuk penerbangan dan memilih tujuan yang memungkinkan Anda menikmati semua kenyamanan.
Share to :
Artikel Terkait
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com