Cryptocurrency

10 Cerita Sukses Raih Untung dan Jadi Jutawan dari Bitcoin

Bersama dengan ekonomi dunia yang terus berevolusi, Bitcoin telah mengubah kehidupan banyak orang untuk mereka yang percaya dan bertaruh kepadanya.

Cerita sukses dari mereka membuktikan bahwa menjadi jutawan Bitcoin adalah keajaiban yang bisa terwujudkan. Sekarang saatnya melihat siapa saja mereka yang memiliki cerita sukses sebagai jutawan Bitcoin di luar negeri, berikut 10 namanya.

1. Jered Kenna

Jutawan muda ini memulai usaha sebagai “pedagang” dengan membeli koin masing-masing seharga 0,20 dollar. Beberapa tahun kemudian, ia menjual koin masing-masing seharga 258 dolar AS. Pria itu mengaku kehilangan hampir 200.000 ribu dolarnya ketika dia memformat flash drive.  

Oleh karena itu, jutawan itu sebenarnya dapat menghasilkan jauh lebih dari 30 juta dolar AS tetapi dia membuat beberapa kesalahan. Bagaimanapun, pendapatan yang dia terima cukup mengesankan karena tidak banyak yang berhasil menghasilkan jutaan.

2. Winklevoss bersaudara

Winklevoss bersaudara adalah yang pertama bergabung dengan klub Bitcoin bahkan ketika cryptocurrency tidak populer sama sekali. Mereka memulai jalur karier di Facebook dan memperhatikan cryptocurrency pada tahap awal pengembangan. Berkat investasi yang bijak, mereka berhasil mendapatkan 11 juta dolar AS.

3. Charlie Shrem

Menjadi di antara jutawan termuda dari Bitcoin, Charlie Shrem sebenarnya memulai perjalanannya sebagai co-founder Evr, sebuah gastropub terkenal di Manhattan, Amerika Serikat. Tempat ini adalah yang pertama menerima pembayaran Bitcoin.

Awalnya, Shrem membeli Bitcoin dengan harga 3-4 dolar AS. Akhirnya, ia membeli beberapa ribu lebih ketika mencapai 20 dolar AS. Kemudian, dia mengorganisir Bitinstant – toko fisik tempat orang bisa membeli Bitcoin. Saat ini, Bitinstant berfungsi sebagai platform pertukaran.

4. Gavin Andresen

Banyak desas-desus muncul di belakang tentang jutawan ini, yaitu pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto, telah memilihnya untuk menjadi “penerus” untuk mempertahankan kode teknologi. Beberapa mengatakan bahwa Andresen adalah Nakamoto yang misterius itu sendiri namun lelaki itu menyangkal klaim tersebut.

Sementara itu, ia terus melakukan pekerjaannya membuat Bitcoin lebih mudah dalam perawatan. Dia telah dibayar oleh Yayasan Bitcoin untuk bantuan yang dia berikan dan dicairkan beberapa kali. Tentu saja, pembayaran diterima dalam Bitcoin.

5. Roger Ver

Roger Ver juga berinvestasi di Bitistant dan bersama-sama dengan membeli Bitcoin. Untuk membuat orang belajar tentang teknologi ini,  Ver melihatnya sebagai cara yang dapat diandalkan untuk menyimpan aset berharga dan bercita-cita untuk menghapuskan mata uang fiat. Karena itu, Ver adalah pelopor investasi startup.

Menjadi seorang pengusaha muda sukses sebelum gelombang popularitas Bitcoin, Ver telah berhasil menambah kekayaannya secara signifikan. Sekarang Ver menyumbangkan kekayaannya untuk proyek amal.

6. Yifu Guo

Jutawan Bitcoin ini memulai perjalanannya di Bitcoin dengan menambangnya ketika dia masih mengenyam pendidikan sebagai seorang mahasiswa yang tinggal di New York.

Beberapa saat kemudian, ia menciptakan Avalon – perusahaan yang berspesialisasi dalam membangun perangkat keras penambangan. Tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk mempromosikan pengembangan Bitcoin dan menjaga ketersediaan jaringan.

7. Tony Gallippi

Tony telah lama menjadi jutawan dan Bitcoin hanyalah inisiatif lain yang membantunya menggandakan penghasilannya. Gallippi memiliki pengalaman yang kaya dalam bidang keuangan dan dia mendirikan perusahaan yang memproses pembayaran. Faktanya, perusahaan Gallippi berfokus pada pembayaran eceran, perumahan, obligasi dan saham.

Perusahaannya saat ini, BitPay memproses pembayaran senilai 1 juta dolar AS setiap hari dan merupakan salah satu perusahaan pertama yang menyimpulkan perjanjian terkait Bitcoin dengan toko ritel.

8. Dave Carlson

Dave Carlson adalah miliarder dengan caranya sendiri. Dia memulai cerita sukses sebagai jutawan Bitcoin dengan memulai usaha dengan berinvestasi dalam peralatan dan kerja keras. Setelah mendapatkan cukup uang, ia menemukan MegaBigPower yang memungkinkan penambangan pada skala industri – fasilitas ditempatkan di ruang bawah tanahnya.

Hari ini, ia memiliki lebih dari 2.000 kaki persegi ruang di mana perangkat keras penambangan ada di dalamnya.

9. Ross Ulbricht

Kisah jutawan Bitcoin ini sangat menyedihkan. Terlepas dari sifat digitalnya, Bitcoin adalah koin dua sisi, dan karakter transaksi anonim membuatnya tidak mungkin untuk melacak pertukaran mata uang. Itu menyebabkan munculnya jaringan gelap dan operasi ilegal dilakukan melalui Net. Silk Road adalah pasar gelap yang didirikan oleh seseorang bernama ‘Dread Pirate Roberts’.

Dia berhasil menghasilkan jutaan bahkan sebelum Bitcoin berharga seribu dolar. Pada 2013, FBI akhirnya menemukan siapa pria itu yaitu Ross Ulbricht. Pria itu mendapat hukuman seumur hidup, dan pasar gelapnya ditutup. Berakhirlah cerita sukses Ross sebagai jutawan Bitcoin.

10. Satoshi Nakamoto

Daftar ini rasanya  tidak akan lengkap tanpa adanya Satoshi Nakamoto, seorang berkepribadian misterius (atau sekelompok programmer) yang telah menciptakan Bitcoin. Berikut ini beberapa fakta tentangnya:

Beberapa orang diduga sebagai Satoshi Nakamoto, termasuk ahli matematika terkenal. Namun, tidak ada yang tahu pasti siapa yang berdiri di belakang cryptocurrency.

Semua upaya untuk melacak kepribadian Satoshi Nakamoto gagal. Saat ini, hanya ada beberapa obrolan email dengan pengembang Bitcoin lainnya. Karena ada sekitar jutaan Bitcoin, kekayaan Nakamoto bernilai lebih dari 1,1 miliar dolar AS hari ini.

Bacaan menarik lainnya:

Berentsen, A. F. S. ( 2018, First Quarter). A short introduction to the world of cryptocurrency. Retrieved from Federal Reserve Bank of Louis Review: https://doi.org/10.20955/r.2018.1-16


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait